BKG

Prabawati, Estuningdyah (2019) Peranan Nannochloropsis oculata Sebagai Fikoremediator Logam Berat Merkuri (Hg). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pencemaran merkuri adalah hal yang sering terjadi diakibatkan pembuangan limbah yang mengandung logam berat tanpa pengelolaan terlebih dahulu. Dampak yang ditimbulkan akibat kontaminasi merkuri seperti gangguan pada syaraf, kerusakan DNA dan kromosom serta kecacatan. Fikoremediasi adalah pemanfaatan mikroalga sebagai agen remediasi untuk menanggulangi pencemaran lingkungan perairan. Nannochloropsis oculata adalah salah satu mikroalga yang telah banyak dimanfaatkan dalam kegiatan manusia, salah satunya dalam pengelolaan limbah yang mengandung logam berat. Nannochloropsis oculata berpotensi sebagai biosorben logam berat, salah satunya adalah merkuri. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis effisiensi penyerapan logam berat merkuri oleh Nannochloropsis oculata. Penelitian ini dilaksanakan pada 06 April – 27 April 2019 di Laboratorium Hidrobiologi Divisi Biota Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Pengujian kandungan merkuri (Hg) di dalam media kultur dilakukan di Laboratorium Kualitas Air Halal Center Universitas Islam Malang. Metode penelitian ini dilakukan secara eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari empat perlakuan dengan tiga kali ulangan. Senyawa merkuri yang digunakan ialah HgCl2. Perlakuan yang digunakan yaitu kontrol positif (Nannochloropsis oculata tanpa logam berat), perlakuan A (Nannochloropsis oculata dan merkuri 1 ppm), B (Nannochloropsis oculata dan merkuri 3 ppm), dan C (Nannochloropsis oculata dan merkuri 5 ppm), sedangkan kepadatan awal Nannochloropsis oculata yang digunakan sebanyak 10.000 sel/ml. Parameter pendukung dalam penelitian ini yaitu salinitas, suhu pH dan DO. Hasil Uji BNT menunjukkan bahwa dengan kepadatan 10.000 sel/ml efektif untuk menurunkan merkuri 1 ppm dengan presentase 2,578% selama 8 hari. Hasil pengamatan kualitas air selama penelitian masih menunjukkan nilai optimum untuk pertumbuhan Nannochloropsis oculata. Suhu media berkisar antara 27,8°-29,4°C. pH berkisar antara 7,5-7,9. DO berkisar antara 7,8-8,8 mg/L, salinitas berkisar antara 29-40 ppt. Intensitas cahaya 3600 lux. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Nannochloropsis oculata cukup efektif menurunkan konsentrasi merkuri dalam medium kultur dengan presentase effisiensi pada perlakuan C yaitu sebesar 0,885%, nilai effisiensi pada perlakuan B yaitu sebesar 0,894 % dan nilai effisiensi oleh perlakuan A yaitu sebesar 2,578%. Oleh karena itu, saran yang dapat diberikan adalah perlunya penelitian lebih lanjut mengenai fikoremediasi dengan memanfaatkan Nannochloropsis oculata sebagai biosorben logam berat dengan kepadatan yang lebih besar untuk mendapat hasil yang lebih baik.

English Abstract

-

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/559/051904126
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 577 Ecology > 577.6 Aquatic ecology > 577.627 Water Pollution (Effect on natural ecology)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170723
Text
Estuningdyah Prabawati.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item