BKG

Haris, Muhammad Nidham (2019) Analisis Peran Modal Sosial dalam Mengatasi Permasalahan Permodalan, Sumber Daya Manusia, Pemasaran, dan Produksi pada UMKM (Studi Kasus Paguyuban UMKM di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

UMKM dapat memberikan berbagai manfaat seperti pemerataan distribusi pendapatan, mengurangi pengangguran, mengurangi tingkat kemiskinan, meningkatkan PDB negara dan juga meningkatkan kualitas masyarakat di daerah. Walaupun UMKM mempunyai potensi yang sangat baik untuk perekonomian bangsa tetapi UMKM masih dihadapkan oleh permasalahan seperti permodalan, sumber daya manusia, pemasaran dan produksi. Pemerintah sudah berupaya untuk menyelesaikan permasalahan ini, namun upaya yang diusahakan pemerintah masih belum optimal dan komprehensif. Untuk memaksimalkan perkembangan UMKM modal sosial dapat berkontribusi secara signifikan dengan elemen yang di miliki modal sosial, penelitian ini meneliti manfaat dari modal sosial untuk menghadapi permasalan permodalan, sumber daya manusia, pemasaran dan produksi dari UMKM dengan unit analisis paguyuban-paguyuban serta Dinas Koperasi dan UMKM di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa norma, kepercayaan, dan jaringan mempunyai peran penting dalam memaksimalkan manfaat modal sosial yang dapat diberikan paguyuban untuk permasalahan UMKM pada permodalan, sumber daya manusia, pemasaran, dan produksi.

English Abstract

-

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/279/051903716
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.04 Special topics of financial economics > 332.041 Capital
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170632
Text
Muhammad Nidham Haris.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item