BKG

Sihombing, Trianita (2019) Eksplorasi Keberadaan Mikroplastik Pada Air Dan Sulcospira Sp. Di Hulu Sungai Brantas, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Sungai Brantas adalah sungai yang sangat penting bagi kehidupan penduduk di wilayah Jawa Timur dan sekaligus menjadi sungai terpanjang. Semakin berkembangnya aktivitas penduduk di sepanjang hulu Sungai Brantas berbanding lurus dengan jumlah limbah yang dihasilkan, seperti limbah plastik. Plastik adalah polimer sintesis yang sifatnya sulit terurai di alam, dibutuhkan waktu ratusan hingga puluhan tahun untuk dapat terurai secara sempurna. Di perairan, sampah-sampah plastik mengalami penumpukan dan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terdegradasi, hal tersebut menjadi ancaman serius karena dapat menurunkan kualitas perairan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui jenis dan jumlah mikroplastik yang ditemukan pada air dan Sulcospira sp. di hulu Sungai Brantas, Jawa Timur, untuk mengetahui kondisi kualitas airnya serta untuk mengetahui perbedaan aktivitas di sekitar sungai yang memberi pengaruh pada kualitas air dan keberadaan mikroplastik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari - Februari 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah deksriptif dengan teknik survey dan lokasi pengambilan sampel ditentukan secara purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan adanya pertimbangan tertentu. Parameter kualitas air yang diukur adalah kecepatan arus, suhu, pH, DO dan TSS. Data kelimpahan mikroplastik yang diperoleh dianalisis menggunakan uji two-way anova dilanjutkan dengan uji Post-Hoc. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mikroplastik yang ditemukan pada sampel air dan Sulcospira sp. yaitu fragmen, film dan fiber, dengan persentase fragmen 38,62%, film 23% dan fiber 38,38% pada sampel air dan persentase pada sampel Sulcospira sp. fragmen 32.6%, film 27.43% dan fiber 39.97%. Kisaran nilai kualitas air yang diperoleh suhu 25-29oC, pH 6.9-7.63, DO 3.38 mg/L-6.83 mg/L, kecepatan arus 0.33-0.75 m/s serta TSS berkisar antara 29 mg/L-219mg/L. Nilai kualitas air masih memenuhi baku mutu kualitas air dan masih mendukung kehidupan gastropoda. Distribusi mikroplastik di perairan dipengaruhi tata guna lahan di sekitar lokasi penelitian dan aktivitas di sekitar sungai. Semakin padat aktivitas penduduk di sekitar sungai maka akan menyumbang banyak sampah plastik dan akan mempengaruhi kesehatan lingkungan seperti terjadi pencemaran air hingga dampak yang ditimbulkan terhadap organisme akuatik.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/394/051904014
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 577 Ecology > 577.6 Aquatic ecology > 577.627 Water Pollution (Effect on natural ecology)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170595
Text
Trianita Sihombing.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item