BKG

Putri, Maharani Kenanty (2019) Strategi Pengembangan Usaha Pembesaran Ikan Sidat (Anguilla bicolor) Pada Unit Kerja Budidaya Air Tawar (UK BAT) Wonocatur, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Budidaya sidat kini menjadi salah satu usaha yang menjanjikan dan diminati oleh berbagai pelaku bisnis budidaya sidat nasional dan internasional. Komoditas sidat menjadi komoditas unggulan dengan nilai ekonomis yang tinggi, selain cita rasanya yang unik lezat disukai oleh konsumen Jepang, Korea, Amerika, Eropa, Taiwan dan Cina. Permintaan komoditas sidat di pasar dunia sangat tinggi karena ketersediaan benih di alam di negara produser sidat (Eropa, Jepang, Cina, dan Korea) telah habis dan karena hingga saat ini belum ditemukan keberhasilan teknologi untuk pemijahan buatan. Unit Kerja Budidaya Air Tawar (UK BAT) Wonocatur merupakan salah satu unit yang dimiliki oleh Balai Pengembangan Teknologi Budiaya Perikanan (BPTPB) yang terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letak geografis dari Daerah Istimewa Yogyakarta berada di pantai Selatan Jawa yang sangat berpotensial untuk membudidayakan Ikan Sidat khususnya fase pembesaran. Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk: 1) Menganalisis aspek teknis,aspek manajemen, aspek hukum, aspek lingkungan, aspek sosial dan ekonomi,serta kelayakan finansial. Penelitian ini dilaksanakan pada Januari 2019. Metode pengambilan data yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, partisipasi aktif, wawancara, dokumentasi, serta penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif yang terdiri dari analisis kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Jenis data yang di gunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data yang di gunakan adalah data primer dan data sekunder. Penentuan responden dilakukan dengan menggunakan metode snowball sampling yang dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara secara langsung ke lokasi usaha dengan berpedoman dengan kuesioner. Analisis data yang di gunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Data kuantitatif yaitu untuk menjawab tujuan mengenai gambaran umum lokasi penelitian, profil usaha. Sedangkan data kuantitatif digunakan untuk menganalisis aspek kelayakan finansial jangka pendek dan jangka panjang, matrik Internal Factor Evaluation (IFE), matrik External Factor Evaluation (EFE), matrik Internal-external (IE), analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan usaha ikan sidat yang dijalankan oleh UK BAT Wonocatur dilihat dari perhitungan finansial baik secara jangka pendek dikatakan menguntungkan dan secara jangka panjang dikatakan layak untuk dikembangkan, analisis gambaran internal dan eksternal yang didapatkan pada strategi pengembangan pembesaran ikan sidat di UK BAT Wonocatur memiliki peluang dan kekuatan yang tinggi serta hasil yang agresif. Untuk alternatif strategi yang digunakan adalah SO karena terdapat pada kuadran 1.

English Abstract

-

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/332/051903829
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates > 639.31 Fish culture in fresh water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/170530
Text
Maharani Kenanty Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item