BKG

Savitri, Yussana Diva (2019) Analisis Logam Berat Timbal (Pb) Pada Keseluruhan Organ Tiram Crassostrea Cucullata Di Pesisir Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Tiram crassostrea cucullata merupakan salah satu sumberdaya laut yang hidup menempel pada substrat keras di pantai dan bersifat menetap (sesil). Crassostrea cucullata merupakan kelompok moluska dari kelas Bivalvia, yang hidup di habitat laut atau air payau. Timbal merupakan racun yang kuat (baik jika dihirup atau ditelan), dapat memengaruhi hampir semua organ dan sistem dalam tubuh manusia maupun organisme.Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui konsentrasi timbal pada keseluruhan organ tiram Crassostrea cucullata dan air yang terdapat di pesisir Paciran. Penelitian ini menggunakan metode survei yang dianalisis secara deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan memilih ukuran tiram yang hampir sama sebanyak 120 individu di ke 6 stasiun penelitian. Penentuan stasiun menggunakan teknik purposive sampling, dengan menggunakan transek kuadran ukuran 1x1 m2. Sampel Keseluruhan Organ tiram Crassostrea cucullata dan air dari ke 6 stasiun dianalisis konsentrasi timbal menggunakan metode AAS tipe shimadzu AA6000 dan dilakukan pengamatan kualitas air yang terdiri dari suhu, derajat keasaman (pH), salinitas, oksigen terlarut dan Total Organic Matter (TOM). Analisis data menggunakan persamaan regresi linier sederhana dengan hasil persamaan y= 0,404x+0,0111 dengan nilai R2 sebesar 0,79. Konsentrasi timbal pada keseluruhan organ tiram Crassotrea cucullata pada ke 6 stasiun didapatkan nilai tertinggi pada stasiun 1 sebesar 0, 0775 ppm dan terendah pada stasiun 6 sebesar 0,0546 ppm. Konsentrasi timbal pada air didapatkan nilai tertinggi pada stasiun 1 sebesar 0, 1562 ppm dan terendah pada stasiun 6 sebesar 0,1025 ppm. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa konsentrasi timbal pada air dan keseluruhan organ tiram Crassostrea cucullata telah melebihi ambang batas baku mutu menurut Keputusan Menteri Lingkungan Hidup tahun 2004 bahwa batas konsentrasi timbal pada air sebesar 0,005 ppm dan pada keseluruhan organ sebesar 0,008 ppm. Hasil uji regresi sederhana membuktikan semakin besar konsentrasi tiram pada air maka akan semakin besar pula penyerapan logam berat pada keseluruhan organ tiram. Tingginya konsentrasi timbal pada keseluruhan organ tiram Crassostrea cucullata pada penelitian ini, maka diperlukan adanya perencanaan, pengaturan dan pengawasan segala bentuk kegiatan yang membuang limbah ke perairan umum karena pada akhirnya juga akan sampai ke organisme di pesisir.

English Abstract

-

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/100/051903139
Uncontrolled Keywords: Pencemaran Laut, Logam Berat Timbal, Tiram Crassostrea Cucullata
Subjects: 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.7 Environmental problems > 363.73 Pollution
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169966
Text
Yussana Diva Savitri (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item