BKG

Romadhona, Tita Amalia (2019) Pengaruh Pemberian Cacing Tanah (Lumbricus Rubellus) Dengan Rasio Pakan Yang Berbeda Terhadap Kelulushidupan Dan Pertumbuhan Ikan Uceng (Nemacheilus Fasciatus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Ikan uceng merupakan salah satu komoditas ikan air tawar indonesia yang memiliki harga jual tinggi. Saat ini ikan uceng diminati oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai ikan konsumsi dan ikan hias. Permintaan tinggi ini menyebabkan ikan uceng dapat mengalami kepunahan karena semakin menurunnya populasi. Upaya menghindari kepunahan ini dapat dengan cara domestikasi, dimana ikan uceng dipelihara dari lingkungan liar ke lingkungan yang terkontrol. Domestikasi ikan ini dapat dengan cara mengubah kebiasaan makan ikan uceng dengan rasio pakan yang lebih terkontrol. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh pemberian cacing tanahdengan rasio pakan yang berbeda terhadap kelulushidupan dan pertumbuhan ikan uceng. Penelitian skripsi ini dilaksanakan mulai November 2018 – Januari 2019 di Laboratorium Budidaya Ikan Divisi Reproduksi Ikan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian ini dilakukan selama 30 hari masa pemeliharaan. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelulushidupan, pertumbuhan panjang mutlak, pertumbuhan bobot mutlak, laju spesifik pertumbuhan dan efisiensi pakan. Penelitian dimulai dari mempersiapkan alat dan bahan, pengadaan dan pengadaptasian ikan uceng serta setting akuarium. Setiap akuarium ukuran 50 cm × 30 cm × 30 cm di tebar 20 ekor ikan uceng yang telah dihitung panjang dan berat awal. Perlakuan rasio pakan yang diberikan A) rasio 7% dari total biomassa ikan, B) rasio 9% dari total biomassa ikan, C) rasio 11% dari total biomassa ikan dan D) rasio 13% dari total biomassa ikan. Pakan yang diberikan berupa pakan alami yaitu cacing tanah (Lumbricus rubellus). Frekuensi pakan yang digunakan 3 kali sehari pada pukul 07.30 WIB, 12.30 WIB dan 17.30 WIB . Penyamplingan dilakukan 10 hari sekali untuk melihat pertumbuhan panjang dan berat ikan uceng. Parameter penunjang dengan mengukur kualitas air suhu, pH dan DO setiap pagi pukul 07.00 WIB dan sore pukul 15.00 WIB. Hasil penelitian tentang pengaruh pemberian cacing tanah dengan rasio pakan yang berbeda adalah berpengaruh terhadap kelulushidupan dan pertumbuhan pada ikan uceng. Pemberian cacing tanah yang terbaik terdapat pada perlakuan D yaitu rasio 13% dari total biomassa ikan uceng. Hasil perlakuan D kelulushidupan sebesar 91,67%, rata-rata pertumbuhan panjang mutlak sebesar 0,46 cm, rata-rata pertumbuhan bobot mutlak sebesar 0,29gram, laju pertumbuhan spesifik sebesar 0,80%/hari dan efisiensi pakan sebesar 6,49%. Hubungan rasiopemberian pakan cacing tanah terhadap kelulushidupan, pertumbuhan panjang mutlak, pertumbuhan bobot mutlak, laju pertumbuhan spesifik dan efisiensi pakan ikan uceng membentuk pola linear. Pengukuran kualitas air didapatkan data rata-rata suhu sebesar 25,40°C-26,14°C, pH sebesar 7,43-7,67 dan DO sebesar 5,74-6,85 ppm.

English Abstract

-

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/92/051903131
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates > 639.31 Fish culture in fresh water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169955
Text
Tita Amalia Romadhona (2).pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item