BKG

Mu’asyaroh, Af’idatul (2019) Desain Dan Efektivitas Penggunaan Celah Pelolosan Pada Bubu Lipat Terhadap Kemampuan Lolos Rajungan (Portunus pelagicus) Dalam Skala Laboratorium. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Rajungan merupakan salah satu komoditas perikanan yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Menurut PERMEN KP No. 56 Tahun 2016 menjelaskan bahwa penangkapan rajungan diperbolehkan apabila lebar karapas >10 cm. Salah satu alat untuk menangkap rajungan adalah bubu lipat. Penggunaan bubu lipat akan menyebabkan hampir semua ukuran rajungan bisa tertangkap termasuk yang masih berukuran kecil (belum layak tangkap). Salah satu cara untuk mengurangi hasil tangkapan rajungan berukuran kecil adalah dengan membuat celah pelolosan (escape gap). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tingkah laku rajungan (Portunus pelagicus) terhadap alat tangkap bubu lipat, menentukan ukuran dan bentuk celah pelolosan (escape gap) pada bubu lipat, dan mengetahui efektivitas celah pelolosan terhadap rajungan (Portunus pelagicus). Penelitian ini dilaksanakan di Tambak Mangrove (Silvofishery) dan Kolam Rajungan di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau Jepara, Jawa Tengah pada Januari – Februari 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental yang dilakukan secara laboratorium. Metode analisis yang digunakan adalah metode Deskriptif, Regresi Linear dan Uji Chi Square namun apabila tidak memenuhi syarat menggunakan Uji Fisher’s Exact Test Hasil pengamatan menunjukkan dari 30 ekor sampel yang diamati bergerak secara kesamping dan pergerakan rajungan dominan di bagian bawah bubu. Pergerakan rajungan kesamping lebih dominan dengan persentase 83% dibandingkan dengan pergerakan kedepan dengan persentase 17%. Hasil analisis regresi menunjukkan celah pelolosan berbentuk persegi panjang dengan ukuran 5 x 3 cm (pxl). Jumlah rajungan yang dapat meloloskan diri dengan ukuran <10 cm celah samping bawah sebesar 66,70% sedangkan celah samping atas sebesar 38,90%. Uji statistik menunjukan hasil p<0,05 artinya terdapat pengaruh antara ukuran rajungan dengan celah pelolosan terhadap frekuensi lolos rajungan Penelitian ini masih dilakukan pada tahap percobaan skala laboratorium sehingga perlu dilakukan uji coba penangkapan, perlu dilakukan percobaan celah pelolosan dengan ukuran dan bentuk yang berbeda untuk meloloskan rajungan <10 cm.

English Abstract

-

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/4/051903043
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.5 Crustacean fisheries > 639.56 Blue swimming crab fisheries
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169640
Text
Af’idatul Mu’asyaroh.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item