BKG

Oktaviyanti, Bella Dina (2019) Segmentasi, Targeting, Posisioning dan Strategi Bersaing Otak-otak Bandeng di Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Kabupaten Gresik memiliki potensi besar untuk pengembangan perikanan apalagi perikanan budidaya ikan bandeng. Makanan olahan ikan bandeng lebih diminati oleh masyarakat daripada ikan segarnya. Salah satu produk olahan ikan bandeng yang diminati oleh masyarakat adalah otak-otak bandeng. Otak-otak bandeng adalah produk olahan bandeng yang dijadikan sebagai produk oleh-oleh khas Kabupaten Gresik. Sehingga banyak sekali dijumpai pusat penjualan produk otak-otak bandeng terutama di Jalan Sindujoyo, Gresik. Hal ini memunculkan persaingan yang kompetitif antara produsen otak-otak bandeng. Maka aspek positioning produk merupakan suatu hal yang penting karena keberhasilan suatu produk dalam suatu persaingan tergantung pula dari bagaimana suatu produk tersebut diposisikan pada pasar sasaran yang dituju dan bagaimana konsumen mempersepsikan produk yang ditawarkan tersebut. Dari sekian banyak produsen otak-otak bandeng di Kabupaten Gresik dipilih empat merek yaitu Otak-otak Bandeng Bu Muzanah, Otak-otak Bandeng Mak Cah, Otak-otak Bandeng Kang Wahab, dan Otak-otak Bandeng Fitri karena terdapat persaingan yang lumayan ketat diantara keempat merek tersebut Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengetahui keadaan umum perusahaan produk otak-otak bandeng di Kabupaten Gresik, (2) mengidentifikasi karakteristik konsumen produk usaha otak-otak bandeng di Kabupaten Gresik, (3) mengidentifikasi penilaian konsumen terhadap produk otak-otak bandeng di Kabupaten Gresik, (4) menganalisis segmentation, targeting, dan positioning produk otak-otak bandeng di Kabupaten Gresik, (5) merumuskan strategi bersaing pemasaran empat usaha produk otak-otak bandeng di Kabupaten Gresik. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan sampel sebanyak 112 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner online maupun offline dan wawancara mendalam dengan pemilik usaha otak-otak bandeng di Kabupaten Gresik. Metode analisis yang digunakan untuk mengetahui segmentation, targeting, dan positioning produk otak-otak bandeng di Kabupaten Gresik adalah analisis korespondensi. Berdasarkan pengolahan data kuesioner diperoleh karakteristik konsumen produk otak-otak bandeng di Kabupaten Gresik yang didominasi oleh masyarakat perempuan berumur 21-30 tahun yang belum menikah dengan pendidikan terakhir atau sedang ditempuh adalah Diploma yang bekerja sebagai pelajar/mahasiswa/I dengan pendapatan dan pengeluaran per bulannya adalah kurang dari Rp 5.000.000/bulan dan konsumen laki-laki berusia 31-40 tahun yang sudah menikah namun belum memiliki anak, sedang atau telah menempuh pendidikan Sarjana (S1, S2, S3), bekerja sebagai pegawai swasta dengan berpenghasilan dan pengeluarannya kurang dari Rp 5.000.000/bulan. Berdasarkan penelitian penilaian konsumen terhadap alasan membeli produk otak-otak bandeng di Kabupaten Gresik adalah untuk dikonsumsi sendiri. Informasi atau keterangan yang dianggap penting oleh konsumen saat membeli produk otak-otak bandeng di Kabupaten Gresik adalah cita rasa dari produk tersebut. Adapun minat membeli kembali produk otak-otak bandeng di Kabupaten Gresik oleh konsumen adalah lebih dari setengah responden berminat untuk membeli lagi keempat merek produk otak-otak bandeng tersebut. Segmentation, targeting, dan positioning yang dibentuk atas dasar konsumen dalam pembentukkan strategi pemasaran diperoleh empat segmen konsumen berdasarkan karakteristik demografi. Untuk targeting diperoleh cluster 2 dan 4 sebagai sasaran pasar utama karena memiliki persentase yang mendominasi. Sedangkan untuk positioning yang terbentuk dari penilaian atribut bauran pemasaran, untuk merek Otak-otak Bandeng Bu Muzanah memiliki keunggulan pada atribut merek dikenal, ukuran produk besar dan terdapat pendingin ruangan. Untuk merek Otak-otak Bandeng Mak Cah memiliki keunggulan pada harga sesuai dengan kualitas produk, harga produk terjangkau, terdapat papan periklanan, karyawan sopan dan ramah, dan karyawan mengetahui dan dapat menjelaskan informasi produk. Kemudian untuk merek Otak-otak Bandeng Kang Wahab memiliki keunggulan pada atau produk tersebut berkualitas, pengemasan rapi, menarik dan higienis, rasanya enak, tekstur produk padat, logo dan nama merek menarik, produk memiliki website penjualan online, karyawan cekatan dalam melayani konsumen, penempatan produk dalam toko rapi dan menarik, proses pemesana dan pelayanan cepat dan proses pembayaran cepat. Sedangkan untuk merek Otak-otak Bandeng Fitri memiliki keunggulan pada lokasi penjualan strategis, akses jalan mudah dijangkau, ketersediaan lahan parkir, karyawan menawarkan produk lain dan konsumen mendapatkan nota pembayaran. Rumusan strategi pemasaran yang terbentuk dari hasil analisis STP (Segmentation, Targeting, dan Positioning) yaitu untuk merek Otak-otak Bandeng Bu Muzanah adalah dengan adanya tagline “Cita Rasa Asli Gresik Sejak 1969”, “Tanpa Bahan Pengawet” dan adanya logo halal MUI sudah sesuai dengan positioning yang dibentuk oleh konsumen, dimana tagline tersebut sudah menggambarkan keunggulan yang dimiliki oleh produk tersebut. Untuk Otak-otak Bandeng Mak Cah dengan menambahkan tagline “Kualitas Terbukti” dan “Harga Terjangkau” sehingga konsumen tahu bahwa produk ini sesuai dengan budget yang dimilikinya. Sedangkan untuk Otak-otak Bandeng Kang Wahab adalah dengan menambahkan “Top Quality” dan “Produk Spesial Otak-otak Bandeng Khas Gresik”. Dan untuk Otak-otak Bandeng Fitri sebaiknya menambahkan “Semua Jadi Suka”.

English Abstract

UNSPECIFIED

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/18/051903057
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates > 639.37 Culture of amphibians and specific kinds of fishes > 639.375 Culture of specific kinds of fishes (Protacanthopterygii)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169627
Text
Bella Dina Oktaviyanti .pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item