BKG

Maharani, Mela Dita (2019) Teknik Pengukuran Kelimpahan Mikroplastik Pada Perairan Dan Sedimen Di Balai Riset Dan Observasi Laut, Bali. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Intensitas penggunaan plastik yang terus meningkat dalam berbagai kebutuhan. Hal ini dikarenakan plastik yang memiliki sifat kuat, ringan, murah, mudah dibentuk, anti karat. Peningkatan penggunaan plastik juga akan meningkatkan jumlah sampah plastik di perairan. Sampah plastik dapat terdegradasi menjadi ukuran yang lebih kecil, salah satunya mikroplastik dengan ukuran 300 – 5000 µm. Dampak dari keberadaan mikroplastik di perairan dapat masuk ke dalam rantai makanan hingga trofik tinggi bahkan sampai ke manusia. Mikroplastik juga berpotensi menyebabkan toksisitas karena adanya zat aditif dan monomer yang terdapat pada plastik. Metode pengambilan sampel dan analisis mikroplastik yang dilakukan mengacu pada Masura et al., 2015. Pengambilan sampel air menggunakan manta net, sampel sedimen pantai menggunakan transek, dan pengambilan sedimen mangrove dengan menggunakan pipa paralon. Proses analisis mikroplastik dari sampel air meliputi beberapa tahapan diantaranya : penyaringan, pengeringan, wet peroxide oxidation dan pemisahan densitas. Analisis mikroplastik pada sedimen pantai meliputi : Pengeringan, wet peroxide oxidation dan pemisahan densitas, penyaringan dan proses analisis mikroplastik pada sedimen mangrove meliputi : pengeringan, pengendapan, penyaringan, perhitungan total padatan, pemisahan densitas, wet peroxide oxidation dan pemisahan densitas. Analisis kelimpahan mikroplastik dari sampel sedimen dapat berupa satuan partikel/m2, partikel/m3, dan partikel/kg sedimen kering sedangkan analisis kelimpahan mikroplastik sampel air berupa partikel/liter. Selain kegiatan analisis mikroplastik yang dilakukan di laboratorium kualitas air Balai Riset dan Observasi Laut juga dilakukan kegiatan partisipasi aktif yang meliputi pelepasan tukik di Kurma Asih, Expo BROL dalam Hari Ulang Tahun Negara, acara HUT RI ke 73 di Balai Riset dan Observasi Laut, gerakan bersih pantai dan laut di PPN Pangambengan dan rangkaian acara dalam Hari Ulang Tahun Balai Riset dan Observasi Laut. Kendala yang dialami selama pelaksanaan Praktik Kerja Magang diantaranya volume beaker glass pada analisis sampel sedimen mangrove terlalu kecil, sehingga sampel pada saat perlakuan WPO tumpah. Timbangan digital yang tersedia hanya dengan ketelitian 10-4gr, sehigga kurang teliti untuk menimbang mikroplastik dan tidak tersedianya bahan Lithium Metatungstate yang digunakan untuk analisis sampel sedimen mangrove. Saran yang diberikan dalam pelaksanaan Praktik Kerja Magang adalah volume beaker glass yang digunakan untuk analisis sampel sedimen mangrove seharusnya 1000 ml, penimbangan mikroplastik menggunakan timbangan digital ketelitian 10-6 gr dan adanya bahan pengganti yang mempunyai fungsi sama dengan Lithium Metatungstate

English Abstract

-

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/267/051903318
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 577 Ecology > 577.6 Aquatic ecology > 577.627 Water Pollution (Effect on natural ecology)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169590
Text
MELA DITA MAHARANI (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item