Optimalisasi Strategi Kelas Lomba Burung Berkicau Dengan Teori Permainan (Studi Kasus Pada Peserta Lomba Burung Berkicau Yang Diadakan Oleh Dewa 99 Bc)

Deanira, Larasati (2018) Optimalisasi Strategi Kelas Lomba Burung Berkicau Dengan Teori Permainan (Studi Kasus Pada Peserta Lomba Burung Berkicau Yang Diadakan Oleh Dewa 99 Bc). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan antar gantangan bahkan antar kelas dalam suatu lomba burung berkicau, membuat Dewa 99 BC harus memiliki strategi untuk menarik peserta. Salah satu cara untuk menentukan strategi optimal adalah dengan teori permainan. Penelitian ini membahas aplikasi teori permainan pada kelas lomba burung berkicau yang diadakan oleh Dewa 99 BC. Kelas yang dilombakan yaitu kelas Jokam BF, Java All Star, LWC dan Bersodara. Alternatif strategi yang digunakan adalah hadiah uang, trophy, cuaca, waktu tunggu, kelas BoB, harga tiket dan jumlah kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi masing-masing kelas agar dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk lomba selanjutnya. Langkah awal adalah mencari nilai saddle point pada matriks payoff. Jika tidak terdapat nilai saddle point, maka dilakukan dominasi. Dominasi digunakan untuk mengeliminasi matriks payoff yang berukuran m n menjadi berukuran lebih kecil. Penentuan penggunaan metode aljabar matriks dan metode simpleks bergantung pada hasil matriks payoff yang telah didominasi. Penelitian ini memperoleh hasil strategi optimal untuk keseluruhan kelas yang dilombakan adalah hadiah uang kecuali untuk kelas Bersodara @40 K, yaitu waktu tunggu.

English Abstract

Competition to attract participants makes Dewa 99 BC must have strategy. One way to determine the optimal strategy using game theory. This research discusses application the game theory of class birds competition held by Dewa 99 BC. Classes contested are Jokam BF class, Java All Star, LWC and Bersodara. The alternative strategies used are prize money, trophy, weather, waiting time, BoB class, ticket price and class amount. The purpose of this research to know the strategy of each class in order to be taken into consideration for the next event. The first step to find the saddle point on payoff matrix. If there is no saddle point, then continued with domination. Domination is used to eliminate a payoff matrix of size to be smaller. The determination of the use of the matrix algebra method and the simplex method depend on the result from domination payoff matrix. This study obtain the optimal strategy is prize money except class Bersodara @40 K is waiting time.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2018/133/051805279
Uncontrolled Keywords: pemrograman linear, metode simpleks, aljabar matriks, teori permainan, strategi optimal./ linear programming, simplex method, matrix algebra, game theory, optimal strategy.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.3 Game theory
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Jun 2020 02:13
Last Modified: 13 Jun 2020 02:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169017
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item