BKG

Rosmita, Andy (2017) Pengoptimalan Pencahayaan Alami pada Pondok Pesantren Putri Darul Huda, Mayak, Ponorogo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Fungsi utama pondok pesantren adalah sebagai wadah untuk sarana belajar. Dalam belajar, salah satu faktor utama yang dibutuhkan adalah cahaya. Jika tidak ada cahaya, maka proses belajarpun tidak dapat dilakukan. Proses belajar di pondok pesantren umumnya dilakukan secara maksimal pada siang hari. Jika cahaya matahari dapat dioptimalkan, maka kebutuhan pencahayaan pun dapat terpenuhi dengan baik. Letak Indonesia yang berada di iklim tropis lembab dengan intensitas cahaya yang kuat dapat dimanfaatkan sebagai penunjang kegiatan utama pada pondok pesantren dengan mengoptimalkan cahaya matahari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai macam cara untuk mengoptimalkan cahaya matahari ke dalam ruangan sebagai penunjang aktivitas belajar tanpa efek silau. Penelitian ini menggunakan metode penilitian kuantitatif. Untuk pengumpulan data, penelitian menggunakan metode test dengan pengukuran menggunakan Lux Meter untuk mengukur intensitas cahaya di dalam ruangan serta metode nontest dengan observasi lapangan dan permodelan menggunakan soft ware Computer DiaLux 4.12. Data yang sudah di analisis akan di sesuaikan dengan standar, apakah ruang-ruang yang diteliti sudah memiliki intensitas cahaya yang tergolong standar atau tidak dan mencari tahu seberapa besar pengaruh benda-benda yang berada di sekitar ruangan terhadap tingkat intensitas cahaya alami di dalam ruangan penelitian. Sintesa data berupa rekomendasi desain terhadap ruangan dengan intensitas cahaya yang tergolong tidak sesuai dengan standar yang berlaku. Rekomendasi desain dirancang sesuai dengan standar yang berlaku dan sesuai dengan kebutuhan intensitas cahaya di dalam ruangan tersebut. Sehingga diperoleh ruangan yang nyaman digunakan untuk beraktivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruang-ruang yang diteliti memiliki intensitas cahaya yang tidak standar, hal ini disebabkan oleh benda-benda sekitar baik yang berada di dalam ruangan seperti tata letak perabot ataupun di luar ruangan seperti material atau tinggi bangunan sekitar dan pepohonan. Selain itu warna plafond, lantai, tipe, letak dan luas bukaan serta lebarnya shading device juga memiliki pengaruh yang besar terhadap intensitas cahaya alami di dalam ruangan. Dengan mengevaluasi terhadap beberapa elemen yang mempengaruhi intensitas cahaya alami ke dalam ruangan tersebut lalu memberi rekomendasi desain yang sesuai dengan kebutuhan pencahayaan fungsi ruang dan sesuai dengan standar yang ada dapat membuat ruangan lebih optimal atau tergolong memiliki intensitas cahaya yang standar. Untuk pihak pondok pesantren dapat mempertimbangkan penelitian ini untuk diterapkan pada desain bangunan untuk menciptakan ruang kelas dan asrama sebagai fungsi belajar yang nyaman. Lalu bagi akademisi/pengembang keilmuan lainnya dapat meneliti gedung-gedung yang belum diteliti seperti gedung shofa dan Mina.

English Abstract

The main function of boarding school is as a place for learning facilities. In learning, one of the main factors needed is light. If there is no light, then the learning process can not be done. The learning process at boarding school is generally done maximally during the day. If the sunlight can be optimized, then the lighting needs can be met well. Indonesia is located in a humid tropical climate with a strong light intensity can be utilized as a main activity support on boarding school by optimizing sunlight. This study aims to find out various ways to optimize sunlight into the room as a supporter of learning activities without the effects of glare. This research uses quantitative research method. For data collection, the research used test method with measurement using Lux Meter to measure light intensity indoors and nontest method with field observation and modeling using soft ware Computer DiaLux 4.12.The data already in the analysis will be adjusted to the standard, whether the spaces studied already have a light intensity that is standard or not and find out how much influence objects that are around the room to the level of natural light intensity in the study room. Synthesis of data in the form of design recommendations to the room with light intensity that is not in accordance with applicable standards. Design recommendations are designed in accordance with applicable standards and in accordance with the needs of light intensity in the room. So that obtained a comfortable room used for the move. The results showed that the spaces studied have a non-standard light intensity, this is caused by the objects around either inside the room like the layout of furniture or outdoors such as material or height of surrounding buildings and trees. In addition, the color of ceiling, floor, type, location and width of openings and the width of shading device also has a great influence on the intensity of natural light in the room. By evaluating some elements that affect the intensity of natural light into the room and then provide a design recommendation that suits the needs of space function lighting and in accordance with existing standards can make the room more optimal or classified as having a standard light intensity. For pesantren booths may consider this research to be applied to building design to create classrooms and dormitories as a convenient learning function. Then for academics / other scientific developers can examine the buildings that have not been studied such as buildings shofa and Mina.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/710/051707303
Uncontrolled Keywords: Pencahayaan alami, ruang belajar, kenyamanan belajar
Subjects: 700 The Arts > 729 Design and decoration of structures and accessories > 729.2 Design in horizontal plane > 729.28 Lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1689
Text
Rosmita, Andy.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item