BKG

Alwi, Wulaida Zuhriana (2018) Analisis Sistem Antrian Multi Server Single Phase Dengan Simulasi Monte Carlo (Studi Kasus di Kantor Bankaltim Cabang Utama Samarinda). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Antrian merupakan kejadian yang disebabkan oleh kebutuhan layanan yang melebihi kapasitas fasilitas pelayanan sehingga pengguna fasilitas yang datang tidak dapat segera mendapatkan pelayanan. Analisis sistem antrian perlu dilakukan untuk mengetahui efektifitas pelayanan agar pelanggan tidak menunggu terlalu lama. Pada penelitian ini, data yang digunakan adalah waktu kedatangan nasabah dan waktu pelayanan teller Bankaltim Cabang Utama Samarinda pada tanggal 1 Agustus hingga 4 Agustus 2017 pukul 08.00 – 11.00. Metode yang digunakan adalah metode simulasi Monte Carlo karena waktu antar kedatangan berdistribusi eksponensial dan waktu pelayanan berdistribusi general. Berdasarkan hasil analisis, pelayanan teller Bankaltim Cabang Utama Samarinda terdiri dari satu tahap dengan empat server dengan rata-rata tingkat kedatangan adalah sebanyak 0,5833 nasabah permenit atau paling banyak satu nasabah yang datang permenit dan rata-rata tingkat pelayanan adalah 0,5528 nasabah per menit atau paling banyak melayani satu nasabah permenit. Model yang diperoleh adalah (

English Abstract

Queues are incidents caused by service needs that exceed the capacity of the service facility so that the incoming facility users can not immediately get the service. Analysis of the queue system needs to be done for determine the effectiveness of the service, so that customers do not wait too long. In this research, data used the inter arrival time of customer and the service time of teller Bankaltim Main Branch Office of Samarinda on August 1 to August 4, 2017 at 08.00 - 11.00. The method used Monte Carlo simulation because inter arrival time is exponential distribution and service time is general distribution. Based on the analysis, the teller service of Bankaltim Main Branch in Samarinda consists of one stage with four servers with average arrival rate is 0.5833 customer per minute or at most one customer coming per minute and average service level is 0.5528 customer per minute or at most one customer per minute. The model obtained is (

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2018/194/051805766
Uncontrolled Keywords: Antrian, Bankaltim, Monte Carlo, Simulasi Queue, Bankaltim, Monte Carlo, Simulation
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 518 Numerical analysis > 518.2 Specific numerical methods > 518.282 Monte Carlo method
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168265
Text
Wulaida Zuhriana Alwi (2).pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item