BKG

Ailina, Narulita Septi (2018) Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Aktivitas Fisik Mahasiswa Kedokteran dengan Tingkat Kebugaran Jasmani. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Gaya hidup sedentary dapat berdampak buruk pada kesehatan, salah satunya meningkatkan resiko obesitas, penyakit kardiovaskular, dan diabetes, dimana gaya hidup ini memungkinkan seseorang tidak terlibat dalam aktivitas fisik yang cukup. Penyakit-penyakit tersebut merupakan penyebab kematian utama pada abad ke-20. Mahasiswa kedokteran memiliki jadwal kuliah yang padat sehingga waktu yang diperlukan untuk aktivitas fisik berkurang sehingga mahasiswa kedokteran yang seharusnya sebagai role model kesehatan dapat memiliki resiko untuk terkena penyakit tersebut. . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan perilaku aktivitas fisik mahasiswa kedokteran dengan tingkat kebugaran jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan potong lintang. Sampel diambil secara consequtive sampling sebanyak 172 orang pada mahasiswa program studi kedokteran FKUB tahun pertama (2017). Data pengetahuan, sikap dan aktivitas fisik dikumpulkan menggunakan kuesioner. Aktivitas fisik diukur menggunakan kuesioner GPAQ yang dikeluarkan oleh WHO. Data kebugaran jasmani diperoleh dari data sekunder hasil praktikum lari 12 menit menggunakan metode Cooper Laboratorium Ilmu Faal FKUB. Analisa data yang digunakan ialah uji korelasi Spearman. Dari hasil analisis didapatkan 95,93% responden memiliki tingkat pengetahuan tinggi, 53,49% memiliki sikap positif, 62,79% memiliki tingkat aktivitas fisik sedang, dan 40,70% memiliki tingkat kebugaran jasmani kurang sekali. Pengetahuan (p=0.007), sikap (p=0.036) tidak memiliki hubungan dengan tingkat kebugaran jasmani mahasiswa. Sedangkan untuk aktivitas fisik (p=0.178*) memiliki hubungan signifikan terhadap kebugaran jasmani mahasiswa kedokteran FKUB pada tingkat 0.05

English Abstract

Sedentary lifestyle can have adverse health effects, one of which increases the risk of obesity, cardiovascular disease, and diabetes, where this lifestyle in which a person does not envolved in adequate physical activity. These diseases were the leading cause of death in the 20th century. Medical students have a busy lecture schedule so that the time required for physical activity is reduced so that medical students as a health role model can also have a risk for the disease. The purpose of this research is to know the relation of knowledge, attitude and behavior of physical activity of medical student with physical fitness level. This research is an observational research with cross sectional approach. Samples were taken by consequtive sampling as many as 172 people in the first year medical student FKUB (2017). Data on knowledge, attitude and physical activity were collected using questionnaires. Physical activity was measured using a GPAQ questionnaire issued by WHO. Physical fitness data was obtained from secondary data from 12 minutes practice run using Cooper FKUB Laboratory Laboratory method. The data analysis used is Spearman correlation test. 95.93% of respondents have high knowledge, 53.49% have positive attitude, 62,79% have moderate level of physical activity, and 40,70% have less physical fitness level. Knowledge (p = 0.007), attitudes (p = 0.036) have no relationship with the level of physical fitness of the students. As for physical activity (p = 0.178 *) has a significant relationship to physical fitness of medical students FKUB at the level of 0.05.

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2018/50/051803473
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, sikap, aktivitas fisik, kebugaran jasmani, mahasiswa kedoktera, knowledge , attitude, physical activity, physical
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 611 Human anatomy, cytology, histology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167775
Text
Narulita Septi Ailina.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item