BKG

Prabowo, Stephanie Dwi Hapsari (2018) Pengaruh Biblioterapi Menggunakan Buku Tiga Dimensi terhadap Regresi Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) yang Menjalani Hospitalisasi di Rumah Sakit Lavalette Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Regresi merupakan dampak hospitalisasi pada anak yang dapat menyebabkan kemunduran perkembangan anak. Biblioterapi adalah proses terapeutik dengan memberi bacaan atau cerita untuk menyelesaikan masalah emosional dan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biblioterapi menggunakan buku tiga dimensi terhadap regresi anak usia prasekolah (3-5 tahun) yang menjalani hospitalisasi di RS Lavalette Malang. Desain penelitian ini adalah quasy eksperimental. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan 36 responden yang dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok intervensi mendapat intervensi biblioterapi menggunakan buku tiga dimensi selama 3 hari, sedangkan kelompok kontrol mendapat intervensi dengan standar rumah sakit. Hasil paired t-test pada kelompok kontrol adalah p > 0,05 yang berarti tidak ada perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test pada kelompok kontrol, sedangkan hasil paired t-test pada kelompok intervensi adalah p < 0,05 yang berarti ada perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test pada kelompok intervensi. Hasil independent t-test pada selisih nilai pre-test dan post-test kedua kelompok adalah p < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh biblioterapi menggunakan buku tiga dimensi terhadap regresi anak usia prasekolah (3-5 tahun) yang menjalani hospitalisasi di Rumah Sakit Lavalette Malang. Disarankan untuk menerapkan biblioterapi menggunakan buku tiga dimensi di rumah sakit sebagai upaya menurunkan regresi anak.

English Abstract

Regression is a retreat of children development as a cope to face bad experiences that frecuently appear in preschoolers who underwent hospitalization. Bibliotherapy is a therapeutic process by providing reading or stories that provide experience for emotional and behavioral problems. The purpose of this study was to determine effect of bibliotherapy using a three-dimensional book on hospitalized preschoolers (3-5 years old) regression at Lavalette Hospital Malang. The study design was quasy experimental design. The sampling technique was purposive sampling with 36 samples divided to 2 groups. The intervention group received bibliotherapy intervention using three-dimensional book for 3 days, while the control group got hospital standard intervention. The result of paired t-test of control group is p > 0,05 that mean there was no significance difference of pretest and post test on control group, while intervention group is p < 0,05. Independent test t-test results was p < 0.05. The conclusion is there is effect of bibliotherapy using three-dimensional book on hospitalized preschoolers (3-5 years old) regression at Lavalette Hospital Malang. It is suggested to practice bibiliotherapy using three-dimensional book at hospital to decrease children regression.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2018/142/051805383
Uncontrolled Keywords: hospitalisasi, regresi, biblioterapi, prasekolah / hospitalization, regression, bibliotherapy, preschooler
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.8 Specific therapies and kinds of therapies > 615.85 Miscellaneous therapies > 615.851 6 Bibliotherapy and educational therapies
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167223
Text
Stephanie Dwi Hapsari Prabowo (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item