BKG

Muhammad, Rizky Firza (2018) Pengaruh AFR Terhadap Kecepatan Pembakaran Laminer HCNG dan CNG Dengan Metode Spherical Expanding Flames. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Bahan bakar alternatif khususnya Compressed Natural Gas (CNG) digunakan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Akan tetapi setelah penggunaan CNG diterapkan, ditemukan suatu permasalahan yang mendera yaitu kurangnya keluaran tenaga/performa yang dihasilkan jika dibandingkan dengan bahan bakar fosil. Oleh karena itu dilakukan modifikasi unsur CNG dengan menambahkan hidrogen sehingga menjadi bahan baru yaitu Hydrogen-Enriched Natural Gas (HCNG) sehingga dapat meningkatkan kecepatan pembakaran laminernya. Kecepatan pembakaran dapat diteliti dengan beberapa metode, salah satunya adalah metode Spherical Expanding Flames yaitu dengan mengukur perambatan diameter nyala api yang dihasilkan di dalam tabung spherical. Kecepatan pembakaran sendiri dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah Air Fuel Ratio (AFR) atau Ekuivalen rasio. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari AFR terhadap kecepatan pembakaran laminar bahan bakar HCNG dan CNG yang kemudian dibandingkan. Penelitian ini dilakukan dengan variasi AFR 4:1-10:1. Pengambilan data dilakukan dengan menghitung diameter api yang dihasilkan dari mulai pemantikan pertama hingga diameter terbesarnya menggunakan high-speed camera 125 fps yang kemudian dikonversi menjadi kecepatan pembakaran laminar menggunakan rumus. Dari Hasil penelitian ini didapatkan nilai kecepatan pembakaran laminar meningkat seiring bertambahnya Air Fuel Ratio (AFR) menuju AFR kaya/rich. Kecepatan pembakaran laminar bahan bakar HCNG memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding dengan menggunakan bahan bakar CNG pada semua rentang AFR.

English Abstract

Alternative fuels, especially Compressed Natural Gas (CNG), are used to reduce the use of fossil fuels. However, after the use of CNG was applied, a problem was found which was the lack of power output / performance produced compared to fossil fuels. Therefore modification of the CNG element is done by adding hydrogen so that it becomes a new material, Hydrogen-Enriched Natural Gas (HCNG) so that it can increase laminar combustion velocity. Combustion Velocity can be investigated by several methods, one of which is the Spherical Expanding Flames method by measuring the propagation of the flame diameter produced in a spherical tube. The combustion speed itself is influenced by several factors, one of which is Air Fuel Ratio (AFR) or Equivalent ratio. The purpose of this study was to determine the effect of AFR on the laminar combustion speed of HCNG and CNG fuels which were then compared. This research was conducted with variations of AFR 4: 1-10: 1. Data retrieval is done by calculating the diameter of the fire produced from the start of the first to the largest diameter using a high-speed camera 125 fps which is then converted to laminar combustion speed using a formula. The results of this study found that the value of laminar combustion speed increases with increasing Air Fuel Ratio (AFR). The laminar combustion speed of HCNG fuel has a higher value than using CNG fuel in all AFR ranges

Other Language Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/1124/051812117
Uncontrolled Keywords: Air Fuel Ratio (AFR), CNG, HCNG, Kecepatan Pembakaran Laminer, Spherical Expanding Flames
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.4 Prime movers and heat engineering > 621.402 Heat engineering > 621.402 3 Fuels and combustion
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167193
Text
Rizky Firza Muhammad (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item