BKG

Pertiwi, Venzy (2018) Evaluasi Usability Pada Aplikasi KRL Access Dengan Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

KRL Access merupakan aplikasi mobile resmi milik PT Kereta Commuter Indonesia yang dapat digunakan oleh para pengguna KRL Jabodetabek untuk menemukan informasi mengenai jadwal kedatangan kereta dan rute yang dilewati kereta. Pengguna dari aplikasi KRL Access tentunya memiliki beberapa persoalan ketika menggunakan aplikasi tersebut. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan oleh peneliti, masih ditemukan permasalahan usability pada aplikasi KRL Access. Salah satu permasalahan yang ditemukan yaitu terdapat menu yang tidak dapat berjalan fungsinya. Supaya manfaat dari KRL Access dapat tercapai, maka usability sistem dapat memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil sesuai harapan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode evaluasi heuristik untuk mengetahui permasalahan usability apa saja yang mungkin terjadi pada KRL Access. Evaluator yang terlibat dalam proses evaluasi heuristic ini berjumlah 4 orang evaluator usability expert. Evaluasi usability dengan metode evaluasi heuristik menghasilkan total temuan permasalahan usability sebanyak 24 permasalahan yang ditemukan oleh para evaluator usability expert. Dari total 24 permasalahan usability, ditemukan rata-rata severity rating yang dapat diklasifikasikan menjadi 3 dari 4 kategori yaitu catastrophic, mayor, dan minor. Nilai rata-rata severity rating tertinggi dimiliki oleh prinsip heuristik H-3 (User control and freedom) dan H-10 (Help and documentation). Masing-masing prinsip heuristik memiliki nilai rata-rata severity rating sebesar 2,75. Sedangkan permasalahan usability terbanyak ditemukan pada prinsip heuristik H-1 (Visibility of system status) dengan 28,12% dari keseluruhan permasalahan usability. Rekomendasi perbaikan terdiri dari 3 jenis saran perbaikan yaitu, perbaikan desain antarmuka pengguna, perbaikan fungsionalitas, dan perbaikan informasi.

English Abstract

KRL Acess is the official mobile application owned by PT Kereta Commuter Indonesia that can be used by Jabodetabek KRL users to find for the information about train arrival schedules and routes. Users of the KRL Access application certainly have a number of problems when using the application. Based on the results of interviews and observations made by researchers, usability problems were still found in the KRL Access application. One of the problems found is that there is a menu that cannot function. In order to achieve the KRL Acess’s purpose, ussability sistem can allow the users to get the results as expected. This research was conducted by using heuristic evaluation method to find out the usability problem that might occured in KRL Access. The evaluators that involved in this heuristic evaluation process were 4 evaluators of ussability expert. Usability evaluation with the heuristic evaluation method resulted in finding usability problems with total amount of 24 problems were founded by usability expert evaluator. From the total amount of 24 usability problems, it was found that the average severity rating that could be classified into 3 of 4 categories namely catastrophic, mayor, dan minor. The highest average severity rating is owned by the H-3 (User control and freedom) and H-10 (Help and documentation) principles. Each heuristic principle has an average severity rating of 2.75. While the most usability problems are found in the H-1 heuristic principle (Visibility of system status) with 28.12% of the overall usability problems. These recommendations consist of 3 types which are as follow, user interface improvement, functionality improvement, and information improvement.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/957/051900705
Uncontrolled Keywords: Evaluasi usability, usability, evaluasi heuristik, severity rating, aplikasi mobile / usability evaluation, usability, heuristic evaluation, severity rating, mobile application
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.019 Psychological principles / Human-computer interaction
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Endang Susworini
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/167116
Text
Venzy Pertiwi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item