BKG

Lestari, Putri Ayu (2018) Evaluasi Usability Pada Antarmuka Pengguna Aplikasi PLN Mobile Menggunakan Metode Evaluasi Heuristik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

PLN Mobile merupakan aplikasi mobile yang dibangun oleh PT. PLN yang bertujuan untuk memberikan pelayanan listrik melalui mobile apps. PLN Mobile memiliki beberapa layanan yaitu informasi, cek tagihan, penyediaan listrik, pengaduan, dan contact center. Aplikasi PLN Mobile belum bisa mencapai tujuannya dalam memberikan kemudahan dalam pelayanan mobile karena banyaknya keluhan pengguna pada user review google playstore terkait navigasi atau penggunaan aplikasi yang sulit, karena itu perlu dilakukan evaluasi usability untuk mengetahui permasalahan usability pada antarmuka aplikasi PLN Mobile. Pada penelitian ini evaluasi usability dilakukan menggunakan metode heuristik Nielsen. Metode evaluasi heuristik merupakan metode yang digunakan untuk menemukan masalah usability dalam desain antarmuka suatu produk berdasarkan kepatuhan terhadap 10 prinsip usability. Evaluasi heuristik pada penelitian ini dilakukan oleh 4 orang expert usability. Evaluasi heuristik aplikasi PLN Mobile menghasilkan 22 temuan permasalahan dengan nilai rata-rata severity rating tertinggi terdapat pada prinsip H-3 (User control and freedom) yaitu severity rating 2,7. Sedangkan prinsip heuristik dengan persentase temuan terbesar adalah H-4 (Consistency and Standards) dengan persentase 22,88% dari seluruh temuan masalah. Penelitian ini juga memberikan tampilan rekomendasi perbaikan desain berupa perbaikan tata letak, perubahan tampilan dan penambahan fungsi berdasarkan hasil evaluasi heuristik, yang bisa digunakan sebagai pertimbangan pihak PLN Mobile dalam memperbaiki aplikasi tersebut.

English Abstract

PLN Mobile is a mobile application built by PT. PLN which aims to provide electricity services through mobile apps. PLN Mobile has several services, namely information, check bills, provision of electricity, complaints, and contact centers. The PLN Mobile application has not been able to achieve the objectives in providing convenience in mobile services due to the many user complaints on user review google playstore for navigation or difficult application usage, therefore it is necessary to do usability evaluation to find out usability problems that exist at the PLN Mobile application interface. In this study usability evaluation uses the Nielsen’s heuristic method. Heuristic evaluation method is a method used to find usability problems in the interface design of a product based on 10 usability principles. Heuristic evaluation in this study was carried out by 4 expert usability. The heuristic evaluation of the PLN Mobile application found that there are 22 problem with the highest average severity rating found on the principle of H-3 (User control and freedom), namely the severity rating of 2.7. While the heuristic principle with the largest percentage of findings is H-4 (Consistency and Standards) with a percentage of 22.88% of all findings of the problem. This study also provides a display of recommendations for design improvements for example improved layout, changes user interface and functions addition based on the results of heuristic evaluations which can be used as a consideration for PLN Mobile in improving the application.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/1006/051900819
Uncontrolled Keywords: evaluasi antarmuka pengguna, usability, evaluasi heuristik, PLN Mobile.-user interface evaluation, usability, heuristic evaluation, PLN Mobile.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.019 Psychological principles / Human-computer interaction
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166783
Text
Putri Ayu Lestari.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item