BKG

Boleng, Theresia Emiliana (2018) Evaluasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus: Bidang Komunikasi, Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Dinas Komunikasi dan Informatika merupakan organisasi perangkat daerah yang berperan sebagai penyedia informasi dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Dinas Komunikasi dan Informatika memiliki proses bisnis utama di Bidang Komunikasi. Pada proses bisnis utama terdiri dari proses bisnis pembentukan kelompok informasi masyarakat, pembinaan kelompok informasi masyarakat, mengumpulkan berita, melaporkan dan mempublikasikan berita, dan pemeliharaan web KIM. Dalam pelaksanaan proses bisnis sehari-hari ditemukan beberapa permasalahan yang menggangu jalannya proses bisnis yang ada. Terdapat 6 permasalahan yang ditemukan yaitu terjadinya kesalahan dalam menyebarkan undangan, terjadi kesalahpahaman antar stakeholder, tidak melakukan penggalian data, pengumpulan informasi yang tidak valid, merekayasa laporan dan pembuatan solusi tidak sesuai dengan target. Berdasarkan permasalahan yang ada maka perlu dilakukan evaluasi proses bisnis serta melakukan perbaikan pada proses bisnis. Langkah pertama pada penelitian ini adalah melakukan identifikasi proses bisnis utama dan pendukung menggunakan metode value network analysis. Kemudian memodelkan proses bisnis menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN). Langkah selanjutnya adalah melakukan analisis serta evaluasi menggunakan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) sehingga dapat menganalisis masalah secara mendalam dan mengurutkan permasalahan berdasarkan nilai RPN tertinggi yang akan dijadikan evaluasi. Dilanjutkan pada tahap penyusunan rekomendasi perbaikan proses bisnis menggunakan metode Business Process Improvement (BPI) dengan bantuan tools pada BPI yaitu streamlining. Dari hasil simulasi proses bisnis saat ini (as is) dan rekomendasi (to be) pada proses bisnis melaporkan dan mempublikasikan berita ditemukan bahwa peningkatan pada time analysis mengalami peningkatan efektivitas waktu hingga 54.34%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa proses bisnis rekomendasi (to be) dapat menghasilkan durasi pemecahan masalah yang lebih cepat dan menghasilkan rekomendasi yang dapat diterapkan untuk meminimalisasi permasalahan yang terjadi berdasarkan hasil analisis dan evaluasi.

English Abstract

Dinas Komunikasi dan Informatika is an organization of regional apparatus that acts as an information provider by utilizing Information and Communication Technology (ICT). The main business processes consist of business processes for forming community information groups, fostering community information groups, gathering news, reporting and publishing news, and maintaining KIM web. In the daily implementation of the business process, there are several problems that interfere with the business process. There are 6 problems found in the implementation, which are several mistakes in spreading the invitation letter, misunderstandings among stakeholders, not conducting data mining, collecting invalid information, report manipulation and making solutions that were not in accordance with the target. Based on existing problems, it is necessary to evaluate business processes and make improvements to business processes. The first step in this research is to identify key business processes and supporters using the value network analysis method. make business processes model using the Business Process Model and Notation (BPMN). The next step is to conduct analysis and evaluation using the Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) method so it can analyze the problem deeply and sort the problem based on the highest RPN value that will be used as an evaluation. Continued to stage of preparing recommendations for business process improvement using the Business Process Improvement (BPI) method with the help of tools at BPI, named streamlining. From the simulation results of current business processes (as is) and recommendations (to be) on business processes reporting and publishing news, it was found that an increase in time analysis experienced an increase in time effectiveness of up to 54.34%. The conclusion from the result is the business process recommendations (to be) can produce a faster duration of problemsolving and produce recommendations that can be applied to minimize problems that occur based on the results of analysis and evaluation.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/963/051900711
Uncontrolled Keywords: proses bisnis, Business Process Model and Notation (BPMN), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Business Process Improvement (BPI), streamlining, simulasi proses bisnis-business process, Business Process Improvement (BPMN), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Business Process Improvement (BPI), streamlining, business process simulation
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 650.1 Personal success in business
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166757
Text
Theresia Emiliana Boleng.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item