BKG

Abidin, Fawwaz Ikbar (2018) Konflik Batin Akibat Pengaruh Diskualifikasi Karakter Tokoh Oba Yozo Dalam Novel Ningen Shikkaku Karya Dazai Osamu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Setiap individu pasti pernah mengalami konflik batin selama menjalani lika-liku kehidupan. Hal tersebut tergambar dalam novel Ningen Shikkaku karya Dazai Osamu yang diterbitkan di Jepang pada 25 Juli 1948. Novel ini menceritakan tentang kehidupan tokoh utama bernama Oba Yozo yang menyatakan bahwa selama ini dia menjalani kehidupan yang penuh aib dan tidak mengerti pola pikir serta perilaku manusia pada umumnya atau disebut sebagai Ningen Shikkaku. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif metode deskriptif analisis.dengan pendekatan psikologi sastra.yang menganalisa pola pikir dan perilaku Oba Yozo terkait Ningen Shikkaku atau diri Oba yang berbeda dari manusia pada umumnya, bentuk-bentuk konflik batin yang dialami oleh Oba Yozo, serta faktor penyebab dan dampak yang dihasilkan dari konflik batin tersebut. Teori yang digunakan untuk menganalisa permasalahan tersebut adalah teori konflik batin Kurt Lewin. Hasil penelitian ini adalah Oba Yozo memiliki beberapa pola pikir dan perilaku yang berbeda dengan manusia pada umumnya. Perilaku dan pola pikir tersebut antara lain yaitu tidak berusaha mewujudkan keinginan diri, mempertanyakan Tuhan, tidak mempunyai keinginan untuk berkembang, dan berpikir tidak rasional. Kemudian, perilaku Oba Yozo yang tidak pernah berusaha mewujudkan keinginan diri mempengaruhinya dalam mengalami konflik-konflik batin mulai usia belia hingga akhir hayat. Bentuk konflik batin yang dialami Oba Yozo adalah konflik mendekat-menjauh (approach-avoidance conflicts) dan konflik menjauh-menjauh (avoidance-avoidance conflicts). Konflik-konflik batin tersebut disebabkan oleh faktor komponen kognitif meliputi pengalaman dan intuisi, serta komponen afektif meliputi motif cinta dan motif kompetensi. Kemudian, konflik-konflik batin yang dialami Oba memiliki dampak positif yaitu menyebabkan Oba terlatih untuk membuat keputusan-keputusan kritis serta dampak negatif yaitu timbulnya kemarahan dan ketidakberdayaan pada dirinya.

English Abstract

個々には生涯において内心葛藤を経験した事があるであろう。そういっ た内心葛藤は 1948 年 7 月 25 日に日本で発行された太宰治の傑作の小説 『人間失格』に描かれている。この小説は主人公の大庭要蔵の対人恐怖と 恥の多い生涯について話している。 本研究では心理文学の研究で、筆者は大庭要蔵の人間失格に関する行動 と思考、内心葛藤の形状、原因とその影響を分析する。詳しく分析するた めに筆者はカートレウインの内心葛藤の理論を使用した。 結果、大庭要蔵には一般の人間と異なる行動と思考がある。それは、自 分の意思を言わない事、神を疑う事、今の自分を改善しない事、論理的な 考えを持たない事である。大庭要蔵の内心葛藤にはアプローチ・アヴォイ ダンス葛藤と、アヴォイダンス・アヴォイダンス葛藤という二つの内心葛 藤の形状がある。そして、経験と勘という認知要素や、愛情と技量という 愛着要素が原因になっている事がわかった。また、内心葛藤によって大庭 要蔵に良い 影響と悪い影響が見られた。それは、批判的思考が鍛えられる という良い影響と、怒りと無力といった負の感情という悪い影響である。

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/468/051812207
Uncontrolled Keywords: Novel, Tokoh Utama, Konflik, Konflik Batin, Diskualifikasi,キーワード:小説、主人公、葛藤、内心葛藤、失格。
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 801 Philosophy and theory > 801.9 Nature and character
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166599
Text
Fawwaz Ikbar Abidin.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item