Pengaruh Experiential marketing dan Emotional marketing Terhadap Brand Loyalty (Survei pada Konsumen Smartphone Samsung di Indonesia dan Malaysia)

Gunawan, Geraldo (2018) Pengaruh Experiential marketing dan Emotional marketing Terhadap Brand Loyalty (Survei pada Konsumen Smartphone Samsung di Indonesia dan Malaysia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh experiential marketing terhadap brand loyalty, (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh emotional marketing terhadap brand loyalty, (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh experiential marketing dan emotional marketing terhadap brand loyalty secara bersama-sama, (4) mengetahui dan menjelaskan ada atau tidaknya perbedaan persepsi mengenai pengaruh experiential marketing dan emotional marketing terhadap brand loyalty antara konsumen di Indonesia dan di Malaysia. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian ini terdiri dari experiential marketing, emotional marketing, dan brand loyalty. Populasi penelitian ini adalah konsumen smartphone Samsung yang berusia minimal 17 tahun, bertempat tinggal di Indonesia atau Malaysia, telah menggunakan smartphone Samsung setidaknya selama satu tahun, pernah melakukan pembelian smartphone Samsung lebih dari satu kali dalam kurun waktu 2008 – 2018. Penentuan jumlah penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel dari penelitian ini adalah 120 orang responden dan untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi berganda dan independent sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa experiential marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand loyalty, emotional marketing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand loyalty, experiential marketing dan emotional marketing berpengaruh terhadap brand loyalty secara bersama-sama, dan terdapat perbedaan persepsi mengenai pengaruh experiential marketing dan emotional marketing terhadapt brand loyalty antara konsumen di Indonesia dan Malaysia.

English Abstract

The aims of this research are (1) identifying and explaining the influence of experiential marketing toward brand loyalty, (2) identifying and explaining the influence of emotional marketing toward brand loyalty, (3) identifying and explaining the influence of experiential marketing dan emotional marketing toward brand loyalty together, (4) identifying and explaining whether Indonesian and Malaysian Consumers have different perspective about the influence of experiential marketing and emotional marketing toward brand loyalty. This research is an explanatory research and using quantitative approach. The variabels of the research are experiential marketing, emotional marketing, and brand loyalty. The research population were Samsung smartphone consumer with 17 years old as the minimum age, living in Indonesia or Malaysia, have been using Samsung smartphone for at least one year, had purhcased Samsung smartphone more than once betweem 2008 - 2018. The sampling method of this research was purposive sampling. Questionnaire were used in order to gather the data from 120 respondent. Descriptive analysis, multiple regression analysis, and independent sample t test were used in order to analyze the data. The results of this research were experiential marketing affected significantly towards brand loyalty, emotional marketing affected significantly toward brand loyalty, experiential marketing and emotional marketing have an effect on brand loyalty together, and there’s a different perspective among Indonesian dan Malaysian consumers about the influence of experiential marketing and emotional marketing toward brand loyalty.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/717/051808924
Uncontrolled Keywords: experiential marketing, emotional marketing, brand loyalty experiential marketing, emotional marketing, brand loyalty
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:02
Last Modified: 16 Oct 2021 06:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166402
[thumbnail of Geraldo Gunawan.pdf]
Preview
Text
Geraldo Gunawan.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item