Analisis Penggunaan Diplomasi Multi-Jalur Indonesia Untuk Mendukung Penyelesaian Konflik Papua Bar Tahun 2009-2018

Humairoh, Siti (2018) Analisis Penggunaan Diplomasi Multi-Jalur Indonesia Untuk Mendukung Penyelesaian Konflik Papua Bar Tahun 2009-2018. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Upaya Pemerintah Indonesia dalam mencapai Papua Tanah yang Damai telah dilakukan sejak masa Orde Baru. Namur, permasalahan yang muncul ke permukaan semakin kompleks diantaranya isu hak asasi manusia, sosial, ekonomi, politik, maupun budaya. Isu-isu ini berkembang dimasyarakat lokal, bahkan sudah mencapai ke tingkat internasional. Berbagai pendekatan lain dilakukan oleh Pemerintah Indonesia untuk meredam konflik seperti pemberian gelar Otonomi Khusus. Pendekatan-pendekatan yang diupayakan tetap dikecam oleh gerakan pro-kemerdekaan di Papua Barat yang biasa disebut United Liberation Movement of West Papua (ULAITJP) Mereka melakukan upaya internasionalisasi isu, hingga Pemerintah Indonesia mendapatkan banyak tekanan dan luar untuk segera menciptakan perdamaian di Papua Barat. Adapun, dalam mencapai tujuan damai tersebut, pemerintah Indonesia terhubung dengan banyak aktor untuk terlibat dalam penyelesaian konflik di Papua Barat. Untuk melihat bagaimana penyelesaian konflik di Papua Barat ini, penulis menggunakan konsep track Diplomacy oleh Diamond dan McDonald. Konsep ini menjelaskan perr,tzlinaan diplomasi oleh aktor negara dan non negara dalam proses mencapai resolusi konflik.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/1152/051901598
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 320.014 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Nov 2019 03:13
Last Modified: 10 Dec 2021 02:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166291
[thumbnail of siti.pdf]
Preview
Text
siti.pdf

Download (470kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item