An Analysis Of Figurative Language On Lyrics Used By Ed Sheeran

Lumbantoruan, Bolas Panamotan Tua (2018) An Analysis Of Figurative Language On Lyrics Used By Ed Sheeran. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lagu, yang terdiri atas musik dan lirik, telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia sebagai salah satu bentuk hiburan. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan penulis lagu untuk menciptakan perasaan dan menyampaikan pesan dari lagu tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan gaya bahasa. Tetapi, untuk memahami gaya bahasa tidaklah semudah memahami makna literal. Penelitian-penelitian mengenai gaya bahasa telah dilakukan tetapi masih memerlukan pengujian lebih jauh terhadap obyekobyek tertentu. Oleh karena itu, penulis menganalisis penggunaan gaya bahasa dan kesinambungan dengan makna kontekstual pada lima lagu yang diciptakan oleh Ed Sheeran. Terdapat dua masalah yang dibahas di dalam penelitian ini dan berdasarkan rumusan masalah tersebut, terdapat dua tujuan dari penelitian ini antara lain (1) untuk menemukan jenis-jenis gaya bahasa apa saja yang ditemukan pada lirik lagu Ed Sheeran; (2) untuk memahami apa makna dari gaya bahasa yang ditemukan pada lirik lagu Ed Sheeran. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori Perrine (1973) untuk menganalisis fenomena jenis-jenis gaya bahasa yang digunakan dalam lima lirik lagu pilihan Ed Sheeran. Selanjutnya penulis berusaha untuk mengartikan makna konotatif atau kontekstual yang ditemukan dalam lirik lagu Ed Sheeran berdasarkan teori Keraf (2006, hal.28). Analisis ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sesuai dengan masalah penelitian yang ada. Penelitian ini menunjukkan terdapat 51 kalimat yang mengandung gaya bahasa yang digunakan pada lagu-lagu Ed Sheeran. Penggunaan gaya bahasa jenis hiperbola paling sering ditemukan dalam setiap lagu (n=16), diikuti oleh metafora (n=15), simile (n=5), metonimi (n=5), sinekdok (n=2), ironi dan alegori (n=1) lain. Selain itu juga ditemukan makna konotatif atau kontekstual dari gaya bahasa yang digunakan pada setiap lirik lagu. Di akhir dari penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa setiap lagu Ed Sheeran memiliki jenis gaya bahasa yang berbeda- beda dan setiap gaya bahasa yang ditemukan juga memiliki makna yang bisa dianalisis secara kontekstual. Penulis menyarankan kepada peneliti berikutnya untuk meneliti lirik lagu Ed Sheeran atau penyanyi lain dan meneliti dari sudut pandang yang berbeda. Selain itu, penulis juga menyarankan untuk menambahkan jenis-jenis gaya bahasa yang lain seperti gaya bahasa berdasarkan pilihan kata, gaya bahasa berdasarkan nada, dan gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat.

English Abstract

Song, consisting of music and lyrics, has become an integral part of human life as one of entertaining means. There are many ways for a songwriter to create the feeling and transfer the meaning of the songs, one of which is by applying figurative languages in the lyrics. However, understanding the meaning of figurative language is not easy when it is compared to the literal meaning. Studies about figurative languages in the song lyrics have been explored but still required further examinations particularly with different objects. Therefore, this study analyzes the use of figurative languages and their contextual meaning in five selected songs of Ed Sheeran. There are two problems to be discussed in this study and based on the problems that are formulated, there are two objectives of the study; (1) to find out types of figurative languages found in the lyrics of Ed Sheeran‟s songs; (2) to find out the contextual meanings of figurative languages in the lyrics of Ed Sheeran‟s songs. In this study, the writer used Perrine‟s (1973) theory to analyze the phenomenon of types of figurative language found in five selected songs‟ lyrics of Ed Sheeran. Furthermore, the writer interpreted the connotative or contextual meaning found in Ed Sheeran‟s song lyrics based on Keraf‟s (2006, p.28) theory. This analysis used a descriptive qualitative approach based on the problems of the study. The study revealed that there were fifty-one sentences containing figurative language used in Ed Sheeran‟s songs. The use of hyperbole was mostly found in each of his songs (n=16), followed by metaphor (n=15), personification (n=6), simile (n=5), metonymy (n=5), synecdoche (n=2), irony and allegory (n=1). Furthermore, the connotative or contextual meanings of figurative language were found in each song lyrics. It can be concluded that every song of Ed Sheeran had a different kind of figurative language and each of figurative language used in Ed Sheeran‟s songs had meaning that can be analyzed contextually. The writer suggests for the next researchers to analyze other song lyrics of Ed Sheeran or other singers and investigate from the different point of view. Besides, the writer also suggests to adding other scope of style such as diction scope, tone scope, and sentence structure scope.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2018/248/051806540
Uncontrolled Keywords: gaya bahasa, lirik, dan ed sheeran / figurative language, lyrics, and ed sheeran
Subjects: 700 The Arts > 782 Vocal music > 782.4 Secular forms > 782.42 Songs
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Oct 2019 07:06
Last Modified: 04 Jul 2022 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166192
[thumbnail of Bolas Panamotan Tua Lumbantoruan.pdf] Text
Bolas Panamotan Tua Lumbantoruan.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item