BKG

Putra, Aditya Eko (2018) Implementasi Peraturan Walikota Malang No 90 Tahun 2004 Tentang Rekomendasi Pemanfaatan Taman Kota (Studi pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Malang Bidang Pertamanan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pemberian pelayanan kepada masyarakat merupakan kewajiban utama bagi pemerintah. Peranan pemerintah dalam proses pemberian pelayanan, adalah bertindak sebagai katalisator yang emempercepat proses sesuai dengan apa yang seharusnya. Sejauh mana pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat terjangkau, mudah, cepat, dan efsien baik dari sisi waktu maupun pembiayaannya. Kebijakan sebagai serangkaian tindakan/kegiatan yang diusulkan seseorang, kelompok atau pemerintah dalam suatu lingkungan tertentu dimana terdapat hambatan-hambatan (kesulitankesulitan) dan kesempatan-kesempatan terhadap pelaksanaan usulan kebijaksanaan tersebut dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penggunaan penelitian deskriptif ini digunakan karena peneliti berusaha memotret peristiwa yang terjadi, peneliti tidak memberikan perlakuan atau manipulasi, tetapi menggambarkan suatu kondisi apa adanya. Fokus penelitian ini diambil berdasarkan model implementasi kebijakan yang dikemukakan oleh Model George C. Edward III. 4 (empat) variabel yang mempengaruhi implementasi kebijakan yakni komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi Peraturan Walikota Malang No 90 Tahun 2004 Tentang Rekomendasi Pemanfaatan Taman Kota pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Malang Bidang Pertamanan belum berjalan maksimal. Hal ini dilihat dari belum meratanya penyampaian informasi mengenai rekomendasi pemanfaatan taman kepada masyarakat Kota Malang. Selain itu masih kurangnya sarana dan prasarana dalam penyampaian informasi mengenai izin pemanfaatan taman. Masih adanya kekurangn dalam variabel mengakibatkan pelaksanaan suartu kebijakan belum berhasil dilakukan. Sehingga masih dibutuhkan perbaikan di setiap sistemnya.

English Abstract

The research is based on providing services to the public is a major obligation for the government. The role of government in the service delivery process, is to act as a catalyst that speeds up the process as it should be.The extent to which services provided to the community can be affordable, easy, fast, and efsien both in terms of time and financing. Policy as a set of actions / activities proposed by a person, group or government in a particular environment where there are constraints (difficulties) and opportunities for the implementation of such policy proposals in order to achieve certain goals. The research used in this research is descriptive research with qualitative approach. This descriptive study used because the researchers tried to photograph the events that occurred, the researchers did not provide treatment or manipulation, but describe a condition as it is. The focus of this study is based on the model of policy implementation presented by Model George C. Edward III. 4 (four) variables affecting the implementation of the policy namely communication, resources, dispositions, and bureaucratic structures. The result of the research shows that the implementation of Regulation of Malang Mayor 2004 No 90 About Recommendation of City Park Utilization in Housing and Settlement Area of Malang City of Landscape has not been maximal. It is seen from the fact that the information about the utilization of the park is not yet available to the people of Malang. In addition, there is still a lack of facilities and infrastructures in the delivery of information regarding park utilization permits. There is still a shortage in the variables resulting in the implementation of a policy can not be implemented maximally. So it still needs repairs in every system.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/527/051807721
Uncontrolled Keywords: -Taman kota
Subjects: 300 Social sciences > 363 Other social problems and services > 363.6 Public utilities and related services > 363.68 Park and recreation services
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165991
Text
Aditya Eko Putra.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item