BKG

Putri, Baiq Nilia Iswari (2018) Manajemen Pelayanan Kenaikan Pangkat Pegawai Melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (Sapk) (Studi Pada Badan Kepegawaian Negara Kanreg Ii Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Badan Kepegawaian Negara Kanreg II Surabaya merupakan instansi yang mempunyai fungsi pelayanan administrasi di bidang pelayanan kepegawaian kepada Pegawai Negeri Sipil yang bekerja dalam lingkup Jawa Timur. Salah satu pelayanan kepegawaian yang diberikan adalah kenaikan pangkat. Sejauh ini pelayanan kenaikan pangkat pegawai masih terdapat beberapa permasalahan dalam proses penyelesaiannya. Sehingga diperlukannya sebuah inovasi untuk membantu penyelesaian permasalahan kenaikan pangkat melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan hanya dibatasi oleh dua fokus penelitian, yaitu (1) mengetahui dan menganalisis manajemen pelayanan kenaikan pangkat pegawai melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan (2) faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan pelayanan kenaikan pangkat pegawai melalui Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK). Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Sedangkan analisa data yang digunakan adalah analisa data Cresswell. Berdasarkan Kep/25/M.PAN/2/2004 tentang pedoman umum penyusunan indeks kepuasan pelayanan masyarakat, dipilih tiga prinsip untuk mewakili fokus pertama. Ketiga prinsip tersebut adalah, mekanisme/prosedur pelaksanaan SAPK, kesesuaian persyaratan pelayanan dan kepastian jadwal pelayanan. Ketiga prinsip yang dijalankan oleh Badan Kepegawaian Kanreg II Surabaya telah sesuai dengan Kep/25/M.PAN/2/2004. Sebagaimana dalam mengimplementasikan inovasi tersebut terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor penghambat yang mempengaruhi implementasi inovasi tersebut adalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, sumber daya manusia yang masih kurang mumpuni dan data yang masih belum terintegrasi. Faktor pendukung untuk mendukung jalannya inovasi ini, yaitu dari pegawai Badan Kepegawaian Negara Kanreg II Surabaya yang sudah sangat siap dalam menjalankan sistem ini. Adanya motivasi dan semangat kerja dari para pegawainya juga menjadi salah satu faktor pendukung jalannya sistem ini. Selain itu, seluruh pegawai Badan Kepegawaian Negara Kanreg II Surabaya juga mendukung penuh adanya sistem ini.

English Abstract

National Civil Service Agency Regional Office II Surabaya is an institution that has a function of administrative services in the field of personnel services to Civil Servants who work within the scope of East Java. One of the staffing services provided is promotion. So far the promotion of employee services still has some problems in the process of the completion. So it needs an innovation that can help to solve the problem of promotion through Sitem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK). This research is descriptive research with qualitative approach. There are two focuses of this research. (1) To find out and analyze the management of service promotion through Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK). (2) The supporting and inhibiting factor from the implementation of service promotion of the employees through Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK). The sources of this research are primary and secondary data. While the data analysis that used in this research is Cresswell data analysis. Based on Kep/25/M.PAN/2/2004 on general guidelines for the preparation of public service satisfaction index, three principles were chosen to represent the first focus. The three principles are, mechanism/procedure of SAPK implementation, the conformity of service requirement and the certainty of service schedule. The three principles that carried out by National Civil Service Agency Regional Office II Surabaya have been in accordance to Kep/25/M.PAN/ 2/2004. There are supporting and inhibiting factor while implementing these innovations. The inhibiting factors that affect the implementation of these innovations are inadequate facilities and infrastructure, human resources that are still not qualified, and the data that is not integrated yet. The Supporting factors to support the course of this innovation is from the employees of Badan kepegawaian Kanreg II Surabaya who are very ready in running this system. Beside that, The existence of motivation and morality of the employees also become one of the factors that support the course of this system. In addition, all employees of the Badan kepegawaian Kanreg II Surabaya totally supports the existence of this system.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/494/051807131
Uncontrolled Keywords: SAPK, kenaikan pangkat,manajemen pelayanan, SAPK, promotion, service management
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration > 351.1 Administration in areas, regions, places in general
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165969
Text
Baiq Nilia Iswari Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item