BKG

Rofifah, Farah Nadia (2018) Gaya Kepemimpinan Transformasional dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Publik (Studi Kasus Kepemimpinan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti mengenai keterkaitan gaya kepemimpinan transformasional dalam upaya meningkatkan pelayanan publik di Kota Surabaya. Gaya kepemimpina sendiri merupakan cara seseorang untuk mencoba mempengaruhi perilaku orang lain. Sedangkan yang disebut gaya kepemimpinan transformasional adalah gaya kepemimpinan terbaru yang sempat dinyatakan merupakan salah satu gaya kepemimpinan yang baik untuk kondisi saat ini. Apabila dikaitkan dengan upaya untuk meningkatkan pelayanan publik, gaya kepemimpinan dapat mempengaruhi seseorang untuk memberikan pelayanan yang maksimal ataupun sebaliknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagiamana gaya kepemimpinan transformasional Tri Rismaharini dalam upaya meningkatkan pelayanan publik di Surabaya. Apa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi Tri Rismaharini dalam meningkatkan pelayanan publik di Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif dalam analisis data Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan transformasional yang dimiliki oleh Tri Rismaharini mampu mengubah mindset bawahannya agar bertambah baik dalam memberikan pelayanan. Penekanan terkait masyarakat itu harus dilayani bukan melayani yang selalu ditekankan kepada bawahannya membuat bawahanya mampu merubah kebiasakan buruk dan mulai mengganti dengan kebiasaan baik yang mengedepankan masyarakat. Permasalahan yang dijumpai yaitu kurangnya tenaga ahli dalam setiap instansi, adanya permasalahan ini pelayanan publik tidak dapat berjalan dengan maksimal karena terbatasnya tenaga ahli dalam beberapa teknologi yang mampu mempercepat proses dalam pelayanan publik. Pendukung dalam upaya peningkatan pelayanan publik yaitu terkait dukungan penuh dari pemerintah Kota Surabaya dalam memberikan fasilitas penunjang pelayanan publik serta peningkatan pelayanan dalam ruang lingkup kelurahan, kecamatan dan pusat yang tidak hanya berkaitan dengan pelayanan administrasi saja. Saran yang dapat diberikan peneliti yaitu dengan merekrut dan menyeleksi tenaga kontrak yang dibutukan dalam bidang terkait, sehingga kekosangan bagian dapat terpenuhi. Serta pengendalian diri yang harus diperbaiki lagi oleh Tri Rismaharini terkait emosinya kepada bawahan agar tidak mengurangi kewibawaannya sebagai pemimpin serta kepercayaan diri bawahan kepada pemimpin.

English Abstract

This event will be based on research by the observations of the researchers about the interconnectedness of transformational leadership style in an attempt to improve public services in the city of Surabaya. Leadership own style is a great way for someone to try to influence the behavior of others.While the transformational leadership style is called a leadership style that had declared the leadership style is one that is good for current conditions.When linked with efforts to improve public service, leadership style can influence someone to give maximum service or vice versa. Formulation of the problem in this study i.e. how transformational leadership style Tri Rismaharini in an attempt to improve public service in Surabaya. What factor supporters and a barrier facing the Tri Rismaharini in improving public services at Surabaya. The research method used is descriptive research with qualitative approach. Data collection techniques include interviews, observation and documentation. The analysis of the data used, namely interactive analysis model in data analysis Miles and Huberman, namely data collection, condensation of the data, the presentation of data as well as the withdrawal of the conclusion. The results showed that transformational leadership style, owned by Tri Rismaharini able to change his mindset in order to grow well in providing service. Community related emphasis was to be served is not serving that has always emphasized to his subordinates make bawahanya able to change the habit bad and start to replace with good habits that promote community.Problems encountered, namely a lack of experts in each of the instances of this problem, there is a public service cannot run with the maximum because of the limited expertise in some technology that is able to accelerate the process in the service the public.Supporters in an attempt to increase public services i.e. related the full support of the Government of the city of Surabaya in providing supporting facilities of public service as well as improving the services in the scope of wards, districts and the Centre is not only deals with administrative service only. Advice that can be given of researchers that is by recruiting and selecting power contracts needed in related fields, so the kekosangan section can be fulfilled.As well as the restraint to be fixed again by Tri Rismaharini related his emotions to subordinates in order not to reduce the authority as a leader as well as the confidence of subordinates to leaders.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/887/051810446
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Upaya, Pelayanan Publik Transformational Leadership Style, Effort, Public Services
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165494
Text
Farah Nadia Rofifah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item