BKG

Purnamasari, Rajendra Wibawanti (2018) Pengaruh Etika Petugas Lapangan Terhadap Pembentukan Citra Perusahaan Sektor Publik (Studi Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar banyaknya kritik yang dilakukan oleh masyarakat Kota Malang kepada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Malang dalam memberikan pelayanan. Pelayanan yang dirasa kurang professional dirasakan oleh masyarakat. Dengan adanya tanggapan pelayanan yang lama, kelalaian izin kepada warga atas perbaikan yang dilakukan, dan penyaluran air yang kurang bagus, menjadi hal-hal yang diungkapkan masyarakat atas keresahan yang dirasakan. Pengaduan tersebut menjadi penting berkaitan dengan citra yang dibentuk oleh perusahaan sektor publik tersebut, dalam hal ini PDAM Kota Malang terhadap citra perusahaan itu. Sehingga penelitian melihat dari sisi etika petugas yang langsung terjun di lapangan dalam membentuk citra perusahaan melalui kinerja mereka. Etika petugas lapangan dalam penelitian ini dinilai oleh masyarakat Kota Malang sebagai pengguna layanan PDAM Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang didasarkan atas prinsip etika gagasan Kerap yang membagi prinsip etika menjadi empat, yaitu prinsip tanggung jawab, prinsip keadilan, prinsip otonomi, dan prinsip integritas moral. Uji dilakukan dengan uji asumsi klasik sebagai syarat uji regresi, kemudian uji parsial, uji simultan, dan koefisien determinan. Hasil yang didapat ialah prinsip keadilan tidak berpengaruh signifikan terhadap pembentukan citra perusahaan sektor publik. Sedangkan prinsip tanggung jawab, prinsip otonomi dan prinsip integritas moral berpengaruh secara signifikan terhadap pembentukan citra perusahaan sektor publik. Namun seluruh variabel secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pembentukan citra perusahaan sektor publik. Dan uji koefisien determinan memiliki hasil positif yang menjelaskan sejauh mana varibel independen mempengaruhi variabel dependen.

English Abstract

The research is based on many critics from Malang’s society to Local Water Company of Malang City when it was giving service to people. The less professional service felt by them. Slow responses, forgot to ask permission when they will reconstruct, and poor water distribution becomes things that are expressed by the society for perceived anxiety. The complaints being important things related with image formed by Local Water Company of Malang City. So, this research looks the ethics from local water company’s officers who are directly dealing with society in making the company’s image through their performance.The ethics of surface officer in this study was assessed by Malang society as users of Local Water Company of Malang City. This is the quantitative research that based on the ethics of Kerap ideas who divides ethical principals into four, there are principle of responsibility, principle of justice, principle of autonomy, and principle of moral integrity. The tests are done by testing the classical assumption as a requisite of regression test, and then partial test, simultaneous test, and the last is determinant coefficient test. The results of tests are principles of justice have no significant effect on the formation of public sector company image. While, principle of responsibility, principle of autonomy and principle of moral integrity have a significant effect on the formation of public sector company image. However, all variables simultaneously have a significant effect on the formation of public sector company image. And the determinant coefficient test has positive result that explains the extent to which the on dependent variables affects the dependent variable.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/1016/051811748
Uncontrolled Keywords: etika, prinsip-prinsip etika, pembentukan citra, dan perusahaan sektor publik. ethic, ethical principles, formed image, and Public Sector Company.
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 174 Occupational ethics > 174.9 Other professions and occupations
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165278
Text
Rajendra Wibawanti Purnamasari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item