BKG

Tomi, Adrian (2018) Analisis Perubahan Penggunaan Lahan Di Wilayah Pesisir Menggunakan Aplikasi Penginderaan Jauh Dan Sig Di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Kecamatan Jenu merupakan salah kecamatan yang terletak di wilayah pesisir Kabupaten Tuban, yang memiliki potensi pembangunan pesisir yang cukup baik, supaya pembangunan di wilayah pesisir bisa berjalan dengan sesuai maka perlu untuk melihat ketersediaan lahan yang ada, agar tidak terjadi perebutan kepentingan antara berbagai kebutuhan manusia terhadap lahan yang tidak sesuai dengan daya dukung dan karaktristik lahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk Mengetahui luas penggunaan lahan, Mengetahui luasan perubahan penggunaan lahan serta menganalisis penyebab dari terjadinya perubahan penggunaan lahan di Kecamatan Jenu. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban pada 9 Maret - 30 Maret 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Tahap analisis data dilakukan untuk mengetahui luas penggunaan/tutupan lahan, luas perubahan penggunaan lahan, dan mengetahui penyebab perubahan penggunaan lahan di kecamatan Jenu. Tahap analisis data dibagi menjadi dua, yaitu analisis data tutupan lahan dengan metode Calculate Geometry dan perubahan lahan dengan metode Overlay Union. Hasil dari penelitian luas penggunaan lahan di wilayah pesisir kecamatan Jenu, mengalami perubahan luas yang bervariasi (bertambah dan berkurang) dan beralih fungsi jenis lahan. Perubahan penggunaan yang mengalami penambahan yaitu pada lahan hutan mangrove, pemukiman dan Sawah. Sedangkan lahan yang mengalami pengurangan yaitu pada Lahan Kosong dan Tambak.

English Abstract

-

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/486/051806115
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 577 Ecology > 577.5 Ecology of miscellaneous environments > 577.51 Coastal Ecology
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164688
Text
Adrian Tomi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item