BKG

Kiswara, Miftah Farid (2018) Strategi Pengembangan Usaha Rumah Makan Ikan Bakar D’Mriah di Jalan Raya Embong Malang di Kecamatan Cemengkalang Kabupaten Sidoajo, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Indonesia memiliki beragam jenis ikan yang hidup dari air tawar dan air laut. Ikan merupakan jenis ikan yang mudah dikonsumsi oleh masyarakat lainnya, sedangkan tujuan utama aktivitas pemasaran seringkali dilihat dari pencapaian loyalitas pelanggan dan bagian terpenting pada pengulangan pembelian pada pelanggan. Sehingga tidak sedikit dari pengusaha melakukan pengembangan usaha lebih besar untuk meningkatkan ekonomi, bahkan ikan sendiri memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Kota Sidoarjo juga merupakan sentra berbagai macam ikan yang banyak diminati oleh konsumen. Oleh karena itu perlu ada perubahan dalam suatu pola makan untuk meningkatkan kepuasan masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan analisis 1) profil usaha rumah makan ikan bakar D’Mriah yang meliputi Sejarah, aspek teknis, aspek manajemen, dan aspek pemasaran, 2) kelayakan aspek keuangan rumah makan ikan bakar D’Mriah, dan 3) strategi pengembangan usaha rumah makan ikan bakar D’Mriah di Kecamatan Cemengkalang Kabupaten Sidoarjo. Penelitian di rumah makan ikan bakar D’Mriah dilaksanakan pada bulan Oktober - Desember 2017 dari pemilik KH Mahfudz Syahbari, MA di Jalan Raya Embong Malang di Kecamatan Cemengkalang Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Metode ini untuk mengetahui studi kasus yang dilakukan oleh usaha rumah makan ikan bakar D’Mriah. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melakukan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Sumber data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data deskriptif kualitatif dan data deskriptif kuantitatif. Aspek Teknis pada usaha rumah makan ikan bakar D’Mriah meliputi 1) sarana produksi yang terdiri fasilitas rumah makan ikan bakar dan akses transportasi yang cukup untuk melakukan pembelian bahan baku ke pasar, sedangkan prasarana produksi terdiri dari pemasangan banner untuk menyapa para pengunjung, lahan parkir cukup luas, sumber air yang digunakan cukup memadai serta penyedian tenaga listrik cukup memadai, 2) input produksi terdiri dari bahan baku dan bahan tambahan dalam proses masakan yang akan dihidangkan ke pengunjung, 3) output produksi yang merupakan jenis ikan produk olahan sebagai proses masakan utama untuk disajikan, 4) pelayanan rumah makan yang merupakan utama dalam pelayanan untuk menarik daya pengunjung untuk menikmati hidangan yang disajikan, 5) proses produksi yang terdiri dari peralatan rumah makan yang cukup memadai dalam proses masakan. Aspek Manajemen usaha rumah makan ikan bakar D’Mriah meliputi 1) Perencanaan yang terdiri dari persiapan untuk membuka usaha, pengadaan bahan baku, pengolahan ikan segar, pelayanan dan proses penjualan ke konsumen sehingga kegiatan usaha ini turun langsung di koordinasi dari pemilik usaha, 2) Pengorganisasian merupakan pembentukan struktur dalam kekompakan antara manajemen dengan karyawan, 3) pengarahan merupakan kegiatan pengarahan langsung dari pemilik usaha agar usaha dapat berjalan dengan lancar, dan 4) pengawasan merupakan bentuk pengawasan dalam proses produksi dapat berjalan lancar dan kegiatan pengawasan karyawan dipantau langsung dari pemilik usaha. Aspek Pemasaran usaha rumah makan ikan bakar D’Mriah meliputi bauran pemasaran dan saluran pemasaran. Bauran pemasaran terdiri dari produk, harga, promosi, dan lokasi rumah makan ikan bakar. Sedangkan saluran pemasaran langsung melalui produsen dan konsumen. Aspek keuangan pada usaha rumah makan ikan bakar D’Mriah menunjukkan bahwa usaha ini layak dan dapat dilihat dari analisis keuangan jangka pendek dan analisis keuangan jangka panjang. Hasil dari analisis keuangan jangka pendek meliputi dari penerimaan yang diperoleh dalam setahun sebesar Rp. 607.510.000,- , nilai R/C Ratio yang diperoleh adalah 1,61 hal ini karena nilai R/C Ratio lebih dari 1, nilai rentabilitas adalah 44,02% artinya setiap Rp.100 dapat menghasilkan keuntungan sebesar Rp.44.02,-, maka keuntungan yang dihasilkan sebesar Rp. 165.994.530,-. Sedangkan hasil dari analisis keuangan jangka panjang meliputi dari nilai NPV sebesar Rp. 1.378.262.733,-, nilai dari Net B/C yang diperoleh sebesar 10 artinya jika Net B/C lebih dari 1 usaha ini layak, Nilai IRR yang diperoleh adalah 178% dan PP yang diperoleh adalah selama 0.57 tahun, sedangkan analisis sensivitas pada usaha rumah makan ikan bakar D’Mriah dapat dikatakan layak, hal ini dikarenakan hasil keuangan jangka panjang positif. Hasil analisis diagram SWOT pada usaha rumah makan ikan bakar D’Mriah berada kuadran I, Artinya usaha ini menunjukkan mendukung untuk pertumbuhan perusahaan yang agresif (Growth Oriented Strategy) dan strategi yang digunakan dalam mengembangkan usaha ini adalah strategi SO (Strength Opportunities) dengan memaksimalkan kekuatan untuk menciptakan peluang pada usaha ini. Saran yang diberikan dalam pengembangan usaha rumah makan ikan bakar D’Mriah adalah meningkatkan fasilitas dan pelayanan rumah makan, meningkatkan penyebaran informasi rumah makan, memperbaiki sistem manajemen rumah makan agar lebih baik, menerapkan strategi strength opportunities (S-O) dalam pengembangan usaha dengan mengoptimalkan kekuatan dan peluang yang ada dan meningkatkan hubungan baik dari pihak rumah makan dengan pelanggan.

English Abstract

-

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2018/437/051805999
Uncontrolled Keywords: Pengembangan usaha
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 650.1 Personal success in business
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164599
Text
Miftah Farid Kiswara.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item