Gender dan Bahasa dalam Humor (Studi Kualitatif tentang Persepsi Penonton Terhadap Humor Bayu Skak dan Ruru)

Sabilurrosyad, Muhammad (2018) Gender dan Bahasa dalam Humor (Studi Kualitatif tentang Persepsi Penonton Terhadap Humor Bayu Skak dan Ruru). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa merupakan alat bagi manusia untuk berkomunikasi karena mampu menerjemahkan apa yang ingin disampaikan kepada lawan bicara atau target audience. Bahasa dalam masyarakat mencerminkan kehidupan sosial masyarakat terkait yang mengindikasikan adanya hubungan erat antara bahasa, masyarakat, dan pengguna. Karena itu di dalam masyarakat yang mementingkan posisi gender, bahasa memegang peranan kunci untuk memahami klasifikasi perbedaan gender. Konsep Bahasa dan Gender memandang lakilaki dan perempuan memiliki bahasanya masing-masing. Pada wilayah humor, khususnya dengan mempertimbangkan perbedaan gender dalam humor, laki-laki dan perempuan dianggap berbeda dalam hal keterlibatan dan cara mengekspresikan humor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi penonton atas perbedaan Bahasa humor yang digunakan Bayu Skak dan Ruru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma interpretatif untuk mengungkapkan bagaimana persepsi penonton terhadap perbedaan bahasa humor yang digunakan Bayu dan Ruru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan bagaimana persepsi penonton terhadap perbedaan bahasa dalam humor yang digunakan oleh Bayu Skak dan Ruru. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti menggambarkan bahwa terdapat perbedaan dalam humor Bayu Skak dan Ruru menurut hasil persepsi penonton. Melalui pemilihan kata-kata, pesan nonverbal, dan penggunaan tema, Bayu Skak dan Ruru mempunyai beberapa kesamaan dan perbedaan. Soal perbedaan, Bayu Skak dan Ruru cukup dipengaruhi oleh bagaimana gender mengarahkan keduanya untuk menerapkan pendekatan yang berbeda dalam mengemas humor mereka.

English Abstract

Language is a tool for human to communicate because it can translate what to convey to the other person or the audience. Language reflects the society so that with such a close connection between language, society, and its users, in a society where gender differences are important, language have a key role in understanding the gender differences that exist in society. The concept of language and gender considers men and women to have their own language. In humor aspect, especially considering gender differences in humor, men and women are considered different in terms of engagement and how to express humor. The purpose of this research is to describe the perception of audience towards the difference of humor language used by Bayu Skak and Ruru. This is a qualitative research with interpretive paradigm to reveal how audience perception towards difference of humor language used by Bayu and Ruru. This research used descriptive qualitative method to describe how the audience interpreted language differences in Bayu Skak and Ruru humor. Based on the research that has been done, researchers describe the differences in humor Bayu Skak and Ruru according to the perception of the audience. Through the selection of words, nonverbal messages, and the use of themes, Bayu Skak and Ruru have some similarities and differences. Through the selection of words, nonverbal messages, and the use of themes, Bayu Skak and Ruru have some similarities and differences. As for differences, Bayu Skak and Ruru are quite influenced by how gender leads them to apply different approaches in packing their humor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/530/051806938
Uncontrolled Keywords: bahasa dan gender, humor, persepsi, deskriptif kualitatif. gender and language, humor, perception. descriptive qualitative.
Subjects: 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.3 People by gender or sex
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Jul 2019 07:58
Last Modified: 22 Oct 2021 02:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164559
[thumbnail of Muhammad Sabilurrosyad.pdf]
Preview
Text
Muhammad Sabilurrosyad.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item