Strategi Pengembangan Usaha Emping Jagung dengan Metode Fuzzy SWOT dan Fuzzy AHP (Analytical Hierarchy Process) (Studi Kasus: UKM Emping Jagung Malang, Jawa Timur).

Kusuma, Primadhika Wardhani (2018) Strategi Pengembangan Usaha Emping Jagung dengan Metode Fuzzy SWOT dan Fuzzy AHP (Analytical Hierarchy Process) (Studi Kasus: UKM Emping Jagung Malang, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Emping jagung merupakan bahan pangan yang dibuat dari biji jagung tua yang direbus, dikeringkan dan digoreng. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Indonesia (2017), produksi jagung di Provinsi Jawa Timur mencapai 6.188.704 ton dengan luas lahan sebesar 1.241.507 hektar. Produksi jagung yang melimpah dan minat konsumen yang tinggi terhadap emping jagung mendorong sebagian besar masyarakat untuk mengembangkan usaha emping jagung. Salah satu unit usaha di Jawa Timur yang memproduksi emping jagung adalah UKM Emping Jagung Malang yang berlokasi di Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, yaitu UKM Cahaya, UKM Sofia, dan UKM Indra. Namun dalam mengembangkan UKM, terdapat berbagai macam kendala. Untuk menghadapi kendala atau permasalahan dalam mengembangkan usahanya, UKM memerlukan strategi pengembangan yang sesuai dengan kondisi internal dan eksternal UKM saat ini. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui potensi UKM Emping Jagung Malang dan menentukan strategi pengembangan yang sesuai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fuzzy SWOT dan Fuzzy AHP (Analytical Hierarchy Process). Metode Fuzzy SWOT digunakan untuk mengetahui potensi UKM Emping Jagung Malang dan memperoleh alternatif strategi, kemudian metode Fuzzy AHP digunakan untuk menentukan keputusan alternatif pilihan strategi yang sesuai untuk UKM Emping Jagung Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi UKM Emping Jagung Malang dalam matriks Fuzzy SWOT berada di kuadran SO sehingga alternatif strategi pengembangan yang akan ditentukan adalah strategi penetrasi pasar. Kemudian hasil viii dari Fuzzy AHP diketahui bahwa prioritas kriteria yang paling utama adalah kriteria manajemen (K1) dengan skor tertinggi yaitu 0.260047 dan prioritas alternatif strategi yang paling utama untuk UKM Emping Jagung Malang adalah strategi meningkatkan pemasaran dengan memanfaatkan pasar yang terbuka luas (A4) dengan skor tertinggi yaitu 0,2691.

English Abstract

Corn chips is a food made from old corn kernels that are boiled, dried and fried. Based on data from Badan Pusat Statistik Indonesia (2017), corn production in East Java Province reached 6,188,704 tons with a land area of 1,241,507 hectares. Abundant corn production and high consumer interest in corn chips encourage most people to start a business by producing corn chips. One of the Small and Medium Enterprises (SME) unit in East Java that produces corn chips is UKM Emping Jagung Malang, that located in Pandanwangi Village, Blimbing District, Malang City, East Java, there are UKM Cahaya, UKM Sofia, and UKM Indra. But in developing SMEs, there are various kinds of obstacles. To deal with obstacles or problems in developing its business, SMEs need a development strategy that is in line with the current internal and external conditions of SMEs. This research goals is to find out the potency of UKM Emping Jagung Malang and determine the suitable development strategy. The methods used in this research is Fuzzy SWOT and Fuzzy AHP (Analytical Hierarchy Process). Fuzzy SWOT method is used to find the potency of UKM Emping Jagung Malang and get the alternative strategies, then Fuzzy AHP method is used to determine the decision of which alternative strategy is more suitable for UKM Emping Jagung Malang. The results of this study shows that the position of UKM Emping Jagung Malang in the Fuzzy SWOT matrix is in the quadrant SO, so then the alternative development strategy that will be determined is the market penetration strategy. Then the results of Fuzzy AHP indicate that the most important priority is x management (K1) with the highest score that is 0.260047 and the most important alternative strategy priority for UKM Emping Jagung Malang is an improvement strategy using a wide open market (A4) with the highest score that is 0.2691.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2018/379/051809410
Uncontrolled Keywords: Emping jagung, UKM, Strategi Pengembangan, Fuzzy SWOT, Fuzzy AHP (Analytical Hierarchy Process),/Corn Chips, SME, Development Strategy, Fuzzy SWOT, Fuzzy AHP (Analytical Hierarchy Process
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production > 338.64 Size of enterprises > 338.642 Small business
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Jul 2019 02:05
Last Modified: 22 May 2023 04:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164521
[thumbnail of Primadhika Wardhani Kusuma.pdf] Text
Primadhika Wardhani Kusuma.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item