BKG

Firdaus, Muhammad Fadzar (2018) Sosialisasi Pemikiran Dan Gerakan Khilafah Oleh Hizbut Tahrir Indonesia Di Kota Malang” (Kasus: Sosialisasi Pemikiran Dan Gerakan Khilafah Kepada Mahasiswa Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi bagaimana strategi sosialisasi pemikiran khilafah yang dilakukan oleh Hizbut Tahrir Indonesia di Kota Malang. Hal ini melibatkan beberapa pihak yang menjadi bagian dari objek sosialisasi pemikiran yakni masyarakat Kota Malang dan subjek dari sosialisasi yakni kader-kader HTI Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan proses pengumpulan data menggunakan data primer yaitu wawancara serta data sekunder yang yang telah dianalisis menggunakan kondensasi data. Keabsahan data dari penelitian ini menggunakan model data interaktif. Pemikiran Khilafah yang disebarkan oleh HTI merupakan salah satu dari banyak pemikiran-pemikiran Islam yang ada di Indonesia. Cara sosialisasi yang dilakukan oleh HTI merupakan bentuk dari proses sosialiasasi pemikiran Islam yang dilakukan di Indonesia. Proses ini melibatkan masyarakat umum, mahasiswa dan kader dari HTI sendiri yang nantinya mereka akan melakukan komunikasi satu sama lain sehingga dapat terekrut dan menjadi bagian dari HTI. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah strategi sosialisasi pemikiran Khilafah yang dilakukan HTI tergambar dalam beberapa cara seperti Dakwah Fardhiyyah, pembinaan pekanan, diskusi terbuka, buletin pekanan dan unjuk massa merupakan bagian dari strategi sosialisasi pemikiran Khilafah yang HTI usahakan. Sedangkan sosialisasi pemikiran Khilafah ini menghasilkan beberapa poin penting diantaranya kokohnya karakter kader, merasa penting untuk memperbaiki pemerintahan, merasa penting untuk mengembalikan khilafah, berani mendekatkan diri kepada masyarakat dan merasa penting untuk kembali melakukan sosialisasi pemikiran khilafah ini kepada masyarakat. Sehingga seluruh kader yang terekrut oleh HTI memiliki kesamaan secara pemikiran.

English Abstract

This research identified the socialization of khilafah thought and movement done by Hizbut Tahrir Indonesia in Malang city. It involved several parties as the object of the socialization that is the people of Malang city and the subject of the socialization that is the cadres of Malang city HTI. Type of this research is a qualitative descriptive research with data collecting method using primary data through interview also using secondary data that has been analyzed by data condensing. The data validity of this research used interactive data model. Khilafah thought disseminated by HTI is one of many Islamic thoughts which exist in Indonesia. The way of socialization conducted by HTI is a form of Islamic thought socialization process that is done in Indonesia. This process involved general public, university student, and HTI cadres itself who they will later communicate one another so that they could be recruited and become the part of HTI. The result of this research was that khilafah thought socialization strategy done by HTI was illustrated in several ways like Dakwah Fardhiyyah, weekly coaching, open discussion, weekly bulletin and mass show. This Khilafah thought socialization generated some important points which were sturdy character of the cadre, feel necessary to correct the government, feel necessary to return khilafah, dare to get closer to the society and feel necessary to redo the Khilafah tought socialization to the society. So all cadres recruited by HTI were having similarity in thought.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/646/051808273
Uncontrolled Keywords: Gerakan Khilafah
Subjects: 200 Religion > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.8 Islamic sects and reform movements
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164306
Text
Muhammad Fadzar Firdaus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item