BKG

Kurniawan, Fajar Perdana (2018) Analisis Dampak Modal Terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Sektor Industri Pengolahan (Studi Pada Umkm Di Kabupaten Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Salah satu unit usaha yang jumlahnya paling banyak di Indonesia adalah UMKM. UMKM merupakan salah satu unit yang dapat mengentaskan masalah kemiskinan dan pengangguran. Namun, salah satu masalah utama yang dimiliki oleh UMKM adalah keterbatasan dalam permodalan. Salah satu hal yang dapat meningkatkan modal ialah melalui pembiayaan kredit. Pemerintah Provinsi Jawa Timur melihat masalah permodalan UMKM harus segera dibenahi dengan salah satu programnya yaitu dana bergulir. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat dampak pembiayaan dana bergulir milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur terhadap perkembangan UMKM dilihat dari produksi, tenaga kerja, dan pendapatan. Objek penelitian dari penelitian ini adalah UMKM yang berada di Kabupaten Sidoarjo, sebanyak 30 UMKM. Data yang dipakai dalam penelitian ini ialah data primer dari hasil kuesioner serta wawancara, serta data sekunder yang bersumber dari Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan analisis data berupa uji normalitas beserta uji hipotesis/uji beda, yaitu uji T sampel berpasangan. Berdasarkan hasil dari uji T sampel berpasangan, variabel produksi, tenaga kerja, dan pendapatan memiliki signifikansi 0,000 (0,000<0,05). Artinya, dana bergulir memiliki dampak positif terhadap ketiga variabel yang diteliti. Selain itu, rata-rata produksi UMKM antara sebelum dan sesudah meminjam dana bergulir meningkat sebanyak 30%. Rata-rata tenaga kerja UMKM antara sebelum dan sesudah meminjam dana bergulir meningkat sebanyak 20%. Dan untuk pendapatan UMKM antara sebelum dan sesudah melakukan pinjaman dana bergulir meningkat sebanyak 32,75%.

English Abstract

-

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/703/051900198
Uncontrolled Keywords: UMKM, Modal, Pembiayaan, Pinjaman Kredit, Dana Bergulir, Provinsi Jawa Timur, Uji T Sampel Berpasangan.
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.04 Special topics of financial economics > 332.041 Capital
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164041
Text
Fajar Perdana Kurniawan.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item