Gadget Dalam Komunikasi Tatap Muka Orang Tua Dan Anak (Studi Deskriptif pada Pandangan Orang Tua dan Anak tentang Pengaruh Keberadaan Gadget dalam Komunikasi Tatap Muka Antar Keduanya)

Puspitasari, Rosalia (2018) Gadget Dalam Komunikasi Tatap Muka Orang Tua Dan Anak (Studi Deskriptif pada Pandangan Orang Tua dan Anak tentang Pengaruh Keberadaan Gadget dalam Komunikasi Tatap Muka Antar Keduanya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa intensitas komunikasi keluarga menjadi berkurang dan sejak menggunakan gadget, anak menjadi susah diajak berkomunikasi, tidak peduli, sering badmood, tidak mendengarkan nasihat orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pandangan orang tua dan anak tentang keberadaan gadget pada komunikasi orang tua dan anak saat komunikasi tatap muka antar keduanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara semistruktur. Penelitian ini melibatkan sepuluh pasang informan orang tua dan anak yang memilikki gadget. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan gadget dapat membentuk perilaku verbal dan non verbal dalam komunikasi tatap muka, orang tua cenderung memiliki ruang komunikasi yang luas daripada anak. Dari penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa keberadaan gadget merupakan noise dalam komunikasi orang tua dan anak secara tatap muka. Komunikasi antarpribadi pada orang tua dan anak secara tatap muka dengan mengoperasikan gadget menimbulkan ketidakseimbangan kekuasaan. Tingkat intensitas penggunaan gadget tidak membentuk perilaku komunikasi, karena perilaku komunikasi terbentuk akibat keberadaan gadget itu sendiri.

English Abstract

Previous research has shown that the intensity of family communication is reduced and since using the gadget, children become hard to communicate, no matter, often badmood, do not listen to parent advice. This study aims to know and analyze how the views of parents and children about the existence of gadgets in the communication of parents and children when face-to-face communication between both. This study uses qualitative descriptive method with semistructured interview as its data collection techniques. This study involved ten pairs of parents and children informants who have gadgets. Informants in this study are parents and children who have gadgets. The results of this study indicate that the existence of gadgets can form verbal and non verbal behavior in face to face communication, parents tend to have a wide communication space than children. From this research, researchers concluded that the existence of gadgets is a noise in communication parents and children face to face. Interpersonal communication in parents and children face to face by operating a gadget creates an imbalance of power. The intensity level of the use of gadgets does not shape communication behavior, because communication behavior is formed due to the existence of the gadget itself.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/351/051805066
Uncontrolled Keywords: komunikasi tatap muka , pesan verbal, pesan non verbal, noise, power, keberadaan gadget.-face to face communication, verbal messages, non verbal messages, noise, power, the existence of gadgets.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.3 Social interaction within groups > 302.34 Social interaction in primary groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 May 2019 07:12
Last Modified: 14 Mar 2022 02:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163900
[thumbnail of Rosalia Puspitasari.pdf]
Preview
Text
Rosalia Puspitasari.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item