BKG

Risvantoro, Redhitya Setyo (2018) Analisis Usaha Budidaya Ikan Gurami Dari Sisi Perubahan Harga Output Dan Harga Input (Studi Pada Pembudidaya Ikan Gurami Desa Sambirobyong, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Usaha budidaya ikan Gurami di Desa Sambirobyong, Kecamatan Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung merupakan usaha yang potensial untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara penerimaan dan biaya produksi pada usaha budidaya ikan Gurami dan untuk mengetahui saluran pemasaran output usaha budidaya ikan Gurami di Desa Sambirobyong. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Metode analisis yang digunakan analisis pendapatan, analisis Revenue Cost Ratio, analisis Net Benefit Cost Ratio dan analisis pemasaran dengan populasi sebanyak 40 pembudidaya ikan Gurami. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan perbandingan antara penerimaan dan biaya menunjukkan rata-rata nilai lebih besar dari satu serta apabila biaya tenaga kerja diperhitungkan menunjukkan nilai yang lebih rendah namun tetap lebih besar dari satu. Terdapat tiga saluran pemasaran dalam komoditas usaha budidaya ikan Gurami sehingga yang efisien yaitu yang memiliki saluran pemasaran yang pendek.

English Abstract

The cultivation of Gurame fish in Sambirobyong Village, Sumbergempol District, Tulungagung Regency is a potential effort to be developed. This study aims to determined the ratio between revenue and production costs on the fish farming business and to know the marketing channel of the output of the cultivation of Gurame fish in Sambirobyong Village. The research method used is descriptive quantitative research. The analytical method used income analysis, Revenue Cost Ratio analysis, Net Benefit Cost Ratio analysis and marketing analysis with population of 40 Gouramy fish farmers. Methods for data collection used questionnaires and interviews. The results show that ratio between acceptance and cost indicates an average value greater than one and if labor costs are calculated indicates a lower value but still greater than one. There are three marketing channels in the commodity of Gurame fish cultivation so that the efficient ones have a short marketing channel

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/195/051804585
Uncontrolled Keywords: Budidaya Ikan Gurami, Revenue Cost Ratio, Net Benefit Cost Ratio, Pemasaran, Cultivation of Gurame fish, Revenue Cost Ratio, Net Benefit Cost Ratio, Marketing
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates > 639.31 Fish culture in fresh water
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163654
Text
REDHITYA SETYO RISVANTORO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item