Strategi Marketing Politik Partai Kebangkitan Bangsa (Pkb) Dalam Memperoleh Dukungan (Studi Kasus DPC PKB Kota Malang dalam Pemilihan Umum 2014)

Wulandari, Fidya Ayu Fitri (2018) Strategi Marketing Politik Partai Kebangkitan Bangsa (Pkb) Dalam Memperoleh Dukungan (Studi Kasus DPC PKB Kota Malang dalam Pemilihan Umum 2014). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berjudul “STRATEGI MARKETING POLITIK PARTAI KEBANGKITAN BANGSA (PKB) DALAM MEMPEROLEH DUKUNGAN (Studi Kasus DPC Partai Kebangkitan Bangsa Kota Malang dalam Pemilihan Umum 2014)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi-strategi apa saja yang telah dilakukan PKB Kota Malang dalam Pemilu 2014 dan khususnya strategi marketing yang digunakan dalam memperoleh lagi simpati dari masyarakat dimana terjadi kemerosotan perolehan suara PKB kota Malang pada Pemilu 2009 yang disebabkan factor internal yang terjadi ditubuh PKB sendiri. Fokusnya penelitian ini adalah bagaimana cara PKB memperoleh kembali kepercayaan yang sudah luntur dari masyarakat pada Pemilu 2009 dan berhasil memperoleh suara yang melonjak hingga 100% pada Pemilu 2014. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang digunakan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Lalu setelah seluruh data terkumpul teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif atau lebih spesifik menggunakan model interaktif. Penelitian ini seluruhnya berlokasi di Kota Malang. Adapun kesimpulan yang didapat berdasarkan penelitian ini yaitu adanya sosok baru di tubuh PKB Kota Malang yang akhirnya berhasil mengembalikan kepercayaan masyarakat Kota Malang pada Partai ini lagi dan membuat perolehan suara PKB kota Malang meningkat 100%.

English Abstract

Research this title ““POLITICAL MARKETING’S STRATEGY OF NATIONAL AWAKENING’S PARTY (PKB) TO GET ACCEPTANCE (Study The Case of DPC National Awakening’s Party in Malang City on General Election 2014)”. Research this aim for knowing the strategy what has do PKB Malang city in Election 2014 and especially marketing strategy that used to earn sympathy from community where happen decline acquisition votes PKB Malang city on General Election 2009 due to internal factors that occur the body of PKB itself. The focus of this research is how PKB gets back community trust that has been fade on General Election 2009 and successfully increase 100% the acceptance on General Election 2014. This research use qualitative research’s method to collect data at that moment, and after done data collection within period certain. Then after all data collected, we used descriptive technique and interactive models to analyze data. This research has located in Malang. The conclusion in this research that PKB Malang have new figure which eventually successfully restore people trust and it makes PKB increase 100% the acceptance on General Election 2014.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/618/051808028
Uncontrolled Keywords: PKB, Kota Malang, Pemilu 2014, Strategi Marketing-PKB, Malang, General Election 2014, Marketing Strategy
Subjects: 300 Social sciences > 324 The political process > 324.2 Political parties
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 May 2019 06:10
Last Modified: 22 May 2023 06:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163594
[thumbnail of Fidya Ayu Fitri Wulandari.pdf] Text
Fidya Ayu Fitri Wulandari.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item