BKG

Wahyutomo, Adi (2018) Rekaya Bukaan untuk Kenyamanan Termal pada Ruang Kelas SMA Plus YPHB di Kota Bogor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kenyamanan termal siswa di dalam ruang kelas SMA Plus YPHB di Kota Bogor. Dimana sekolah adalah tempat untuk menuntut ilmu dengan terdapat guru dan murid yang menggunakan ruang kelas pada sekolah. Pentingnya kondisi udara yang nyaman agar konsentrasi belajar dan mengajar tetap terjaga. Dengan memanfaatkan penghawaan alami diharapkan dapat memenuhi kebutuhan kenyamanan termal pada ruang kelas, akan tetapi terdapat perbedaan bukaan di setiap kelas yaitu bentuk bukaan. Bentuk bukaan pada sekolah ini cukup berbeda dari ruang kelas SMA pada umumnya, perbedaan tersebut terletak pada dinding masif dan tidaknya. Dengan bukaan pada ruang kelas SMA ini memiliki bukaan setengah selebar dinding dengan implementasi dinding tanpa pintu pintu dan memiliki tinggi dinding sebesar 170 centimeter. Lalu sisi lain dari dinding tersebut memiliki 2 bukaan jendela masing-masing sebesar 100 centimeter x 60 centimeter. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan variable luas bukaan, temperatur udara, kelembaban udara, kecepatan angin, insulasi pakaian, dan aktivitas siswa. Hasil dari kuisioner nantinya akan menunjukkan rasa nyaman atau tidak pada ruang kelas tersebut. Rekomendasi yang dihasilkan akan berpengaruh pada bukaan jendela.

English Abstract

This study aims to analyze the level of students in the YPHB Plus High School classrooms in Bogor City. School is a place to study with teachers and students using classrooms at school. The importance of comfortable air conditions so that the concentration of learning and teaching is maintained. By utilizing natural ventures, it is hoped that it can meet the thermal comfort needs of the classroom, but there are differences in openings in each class, namely the shape of the openings. The shape of openings in this school is quite different from high school classrooms in general, the difference lies in the massive wall and not. With openings in this high school class room, it has a half wide openings with a wall without door doors and has a wall height of 170 centimeters. Then the other side of the wall has 2 window openings of 100 centimeters x 60 centimeters each. The method used is quantitative with wide openings variable, air temperature, air humidity, wind speed, clothing insulation, and student activities. The results of the questionnaire will show comfort or not in the classroom. The recommendations generated will affect the window opening.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/1110/051812103
Uncontrolled Keywords: Kenyamanan termal, Ruang kelas, Bukaan jendela, Simulasi Thermal comfort, classrooms, Openings, Simulations
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.4 Prime movers and heat engineering > 621.402 Heat engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163105
Text
Adi Wahyutomo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item