BKG

Yuwono, Septian Pradana Jefry (2018) Rekayasa Tata Cahaya Alami pada Ruang Kelas Pondok Pesantren Darul Hikam Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pondok Pesantren Darul Hikam merupakan salah satu jenis pendidikan dengan pencahayaan alami sebagai sumber pencahayaan utama pada ruang kelas. Namun, beberapa bukaan pada bangunan ini menggunakan material kaca es dan menggunakan bahan berupa penutup tambahan lainnya untuk menutup beberapa jendela dikarenakan silau. Tidak meratanya pencahayaan pada tiap ruang kelas juga menjadi salah satu masalah pada bangunan ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif evaluatif dan eksperimental Data intensitas pencahayaan alami eksisting diambil dengan alat luxmeter dan disimulasikan dengan software Dialux 4.12. Variabel bebas yang diteliti yaitu jendela (posisi, dimensi, material), dan pembayang (eksterior dan interior). Sedangkan variabel terikat meliputi intensitas dan distribusi pencahayaan alami dalam ruang. Standar intensitas pencahayaan alami pada ruang kelas adalah 250 lux. Setelah dilakukan perlakuan terhadap jendela dan pembayang yang meliputi pergantian material kaca, penambahan jendela, penambahan top lighting, serta penambahan lightshelf, area dengan intensitas pencahayaan standar meningkat hingga 82%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan dilakukannya perlakuan terhadap tiap ruang kelas, kinerja tata cahaya alami dapat ditingkatkan.

English Abstract

Darul Hikam Islamic Boarding School is one type of education with natural lighting as the main lighting source in the classroom. However, some openings in this building use glass ice material and use a material in the form of other additional covers to close several windows due to glare. The uneven distribution of lighting in each classroom is also a problem in this building. This study uses an evaluative and experimental descriptive method of existing natural lighting intensity data taken with luxmeter devices and simulated with Dialux 4.12 software. The independent variables studied are windows (position, dimensions, material), and shadow (exterior and interior). While the dependent variables include the intensity and distribution of natural lighting in space. The standard intensity of natural lighting in the classroom is 250 lux. After treatment of windows and shading which includes changing glass materials, adding windows, adding top lighting, and adding light shelf, areas with standard lighting intensity increased by 82%. From these results show that by doing the treatment of each classroom, the performance of natural lighting can be improved.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/1094/051812087
Uncontrolled Keywords: tata cahaya alami, pondok pesantren, ruang kelas. natural lighting, boarding schools, classrooms.
Subjects: 700 The Arts > 729 Design and decoration of structures and accessories > 729.2 Design in horizontal plane > 729.28 Lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163075
Text
Septian Pradana Jefry Yuwono.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item