Analisis Strategi Ekspansi Dalam Pengembangan Bisnis Di Pasar Global (Studi Kasus Pada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Dalam Akuisisi Thang Long Cement Company Di Vietnam)

Purboningrum, Elok Lestyani (2018) Analisis Strategi Ekspansi Dalam Pengembangan Bisnis Di Pasar Global (Studi Kasus Pada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Dalam Akuisisi Thang Long Cement Company Di Vietnam). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Semen Indonesia merupakan perusahaan persemenan yang berada dibawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur. Visi perusahaan yaitu menjadi perusahaan persemanan internasional yang terkemuka di Asia Tenggara yang menjadi landasan sehingga perusahaan melakukan ekspansi pasar ke luar negeri pada tahun 2012 dengan cara mengakuisisi perusahaan persemanan di Vietnam. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. dalam melakukan ekspansi ke pasar global, (2) Mengetahui strategi yang terapkan oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.dalam melakukan ekspansi ke pasar global, (3) Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, dan Threats). Hasil penelitian ini memberikan fakta bahwa faktor keinginan untuk tumbuh dan berkembang menjadi salah satu faktor utama perusahaan melakukan ekspansi ke pasar global, strategi yang digunakan oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. yaitu strategi akuisisi perusahaan dengan pembelian saham. Melalui analisis SWOT, diketahui bahwa kekuatan terbesar perusahaan terletak pada segi keuangan dan pengalaman serta brand image yang kuat. Kelemahan terbesar perusahaan terletak pada belum adanya pengalaman yang dimiliki dalam mengakuisisi perusahaan. Peluang terbesar terletak pada pertumbuhan industri dan konsumsi semen di Vietnam yang tinggi, sedangkan ancaman bagi perusahaan ialah kompetitor yang cukup kuat juga (pemain lama dan pemain baru). Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. telah berhasil menjadi perusahaan BUMN pertama yang berekspansi ke luar negeri dengan visi yang kuat serta keinginan untuk tumbuh dan berkembang. Analisis yang mendalam diperlukan oleh perusahaan demi tercapainya tujuan dengan menggunakan strategi yang tepat serta kekuatan yang dimiliki perusahaan dan dapat memanfaat peluang yang ada sehingga dapat bersaing dengan para kompetitor dan mempertahankan eksistensi perusahaan di pasar nasional maupun regional.

English Abstract

PT Semen Indonesia is a cement company under shade of State-Owned Enterprises (BUMN), located in Gresik, East Java. The vision of the company is to become a leading international cement company in Southeast Asia which became the foundation for the company to expand its overseas market in 2012 by acquiring a cement company in Vietnam. The aims of this study are (1) To analyze the factors influencing the decision of PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. in expanding into global markets, (2) Knowing the strategies applied by PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.dalam expanding into global markets, (3) Analyzing the strengths, weaknesses, opportunities, and threats owned by PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. The type of this research is descriptive by using qualitative approach. The analysis method used is SWOT analysis (Strength, Weakness, Opportunities, and Threats). The results of this study provide the fact that the desire factor to grow and develop into one of the main factors of the company to expand into the global market, the strategy used by PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. namely the company's acquisition strategy by buying shares. Through SWOT analysis, it is known that the company's greatest strength lies in the financial and experience side and strong brand image. The biggest weakness of the company lies in the absence of experience in acquiring the company. The greatest opportunity lies in the high industry growth and cement consumption in Vietnam, while the threat to the company is a strong competitor as well (old players and new players). The conclusion obtained in this research is PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. has managed to become the first state-owned company to expand abroad with a strong vision and the desire to grow and develop. In-depth analysis is required by the company for the achievement of goals by using the right strategy and strength of the company and can take advantage of existing opportunities so as to compete with competitors and maintain the existence of companies in national and regional markets.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/233/051803945
Uncontrolled Keywords: Strategi, Ekspansi, Akuisisi, Pengembangan Bisnis, Pasar Global-Strategy, Expansion, Acquisition, Business Development, Global Market
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.406 Managing change
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 May 2019 06:26
Last Modified: 25 Oct 2021 03:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162977
[thumbnail of Elok Lestyani Purboningrum.pdf]
Preview
Text
Elok Lestyani Purboningrum.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item