BKG

Sari, Dwi Nur Intan (2018) Analisis Sistem Pengikatan Polis, Penerimaan Pembayaran Premi dan Klaim dalam Upaya Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Kantor Kabupaten/Kota Blora). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Asuransi merupakan sektor jasa keuangan yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional tetapi kesadaran masyarakat Indonesia mengenai asuransi masih rendah. Sistem pada asuransi perlu dioptimalkan supaya target Pemerintah dapat tercapai untuk merealisasikan terdaftarnya seluruh warga Indonesia menjadi peserta BPJS Kesehatan. Aktifitas pengikatan polis, penerimaan kas dari premi dan pengeluaran kas dari klaim di dalam suatu perusahaan perlu dilakukan pengendalian intern yang berfungsi sebagai perbaikan operasional sistem yang telah diterapkan dan mengontrol keadaan di suatu perusahaan supaya dapat berjalan lancar dan tidak terjadi kesalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis sistem pengikatan polis, penerimaan pembayaran premi dan klaim dalam upaya meningkatkan pengendalian intern yang diterapkan BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten/Kota Blora yang mendukung peningkatan pengendalian intern yang baik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus pada penelitian ini adalah menganalisis sistem pengikatan polis, penerimaan pembayaran premi dan klaim pada BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten/Kota Blora serta menganalisis aspek-aspek yang dapat meningkatkan pengendalian intern pada BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten/Kota Blora. Hasil dari analisis data yang diperoleh dari BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten/Kota Blora dapat diketahui bahwa sistem yang diterapkan dalam pengikatan polis, penerimaan pembayaran premi dan klaim cukup baik, hal itu dapat dilihat dari: sebagian besar sistem telah dilakukan secara terkomputerisasi sehingga meminimalisir dokumen yang tercetak, adanya pemisahan tugas yang baik, sistem otorisasi yang tepat, pemeriksaan pekerjaan oleh Satuan Pengawas Intern (SPI). Namun masih terdapat beberapa kelemahan baik dalam sistem maupun pengendalian intern antara lain: pengikatan polis pada peserta mandiri yang belum tertib dalam penerapan autodebit, pembagian kinerja belum optimal karena ada 1 fungsi yang kosong, otorisasi online yang dapat dilakukan oleh fungsi lain sehingga kurang terkontrol, folmulir yang tidak memuat nomor urut, audit tidak dilakukan secara mendadak dan ketidakwajiban pengambilan cuti.

English Abstract

Insurance is a financial services sector that affects economic growth and national development but the awareness of the Indonesian citizen about insurance are still low. The system on insurance needs to be optimized so the Government's target can be achieved to realize the enrollment of all Indonesian citizens into BPJS Health participants. The activities of binding policy, cash receipts from premiums and cash disbursements from claims within a company need to carried out internal controls that serve as improvements to operational systems that have been applied and control the situation in a company in order to work well and cut the errors. The purpose of this research are to know and the system of binding policy, the acceptance of premium payment and claim in order to improve internal control applied by BPJS Health Office of Regency/City of Blora that support the improvement of good internal control. The type of research used in this research is descriptive with qualitative approach. The focus of this research are to analyze the system of binding policy, the acceptance of premium payment and claims at BPJS Health Office of Blora City and to analyze the aspects that can improve internal control at BPJS Health Office of Blora City. The results of data analysis obtained from BPJS Health Office Blora City can be seen that the system applied in the binding policy, the acceptance of premium payments and claims quite well, it can be seen from: most of the system has been done computerized so as to minimize printed documents , good separation of duties, proper authorization system, job inspection by Internal Control Unit (SPI). But there are still some weaknesses in both system and internal control, among others: binding of the policy to independent participants who have not been orderly in the application of autodebit, the division of performance is not optimal because there is 1 function empty, online authorization that can be done by other functions so less controlled, which does not contain the serial number, the audit is not done in a sudden and the inability to take leave.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/259/051804387
Uncontrolled Keywords: Sistem, Pengikatan Polis, Premi, Klaim dan Pengendalian Intern-System, Binding Policy, Premiums, Claims and Internal Control
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management > 658.15 Financial management > 658.153 Taxes, insurance, charitable donations
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162922
Text
Dwi Nur Intan Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item