BKG

Rahmawati, Riza (2018) Evaluasi Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Studi di Badan Kepegawaian Daerah Bondowoso). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Peran Pegawai Negeri Sipil sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat di dalam organisasi pemerintahan sangat penting. Pentingnya peran seorang pegawai negeri, maka diperlukan pengelolaan kepegawaian terutama dalam pengelolaan informasi dan data pegawai. Berkembangnya teknologi mendorong lahirnya database kepegawaian yang terintegrasi yaitu sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG). Berjalannya sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) di Badan Kepegawaian Daerah Bondowoso sejak tahun 2008 hingga saat ini terdapat beberapa permasalahan, sehingga perlu dilakukan evaluasi. Penelitian ini mengkaji tentang evaluasi pelaksanaan sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG), yang menggunakan tipe model evaluasi berorientasi hasil. Model evaluasi berorientasi hasil menunjuk pada efektivitas dan dampak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan merujuk pada Creswell (2016) yang terdiri dari 6 langkah antara lain mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, menganalisis lebih detail dengan meng-coding data, terapkan proses coding, menghubungkan tematema/deskripsi-deskripsi, menginterpretasi atau memaknai data. Penelitian ini dilakukan di Badan Kepegawaian Daerah Bondowoso. Hasil penelitian menunjukkan evaluasi pelaksanaan sistem informasi manajemen kepegawaian di Badan Kepegawaian Daerah Bondowoso dapat dijelaskan baik dan memenuhi indikator efektivitas dan dampak yang terdapat pada model berorientasi hasil. Meskipun, terdapat beberapa kendala seperti kurangnya akses internet di daerah terpencil namun tidak menghambat tujuan utama SIMPEG yaitu tercipatanya database kepegawaian yang terintegrasi dan akurat serta memberikan dampak positif terhadap kerja Badan Kepegawaian Daerah Bondowoso. Saran yang dapat diberikan adalah meningkatkan ketersediaan akses internet belum merata di sebagianwilayah terpencil sehingga akses untuk SIMPEG dapat dijangkau oleh seluruh daerah di Kabupaten Bondowoso. Selain itu, pelatihan secara rutin kepada pegawai dan operator dari setiap SKPD mengenai SIMPEG. Pelatihan diperlukan untuk memberikan edukasi pentingnya dalam meng-update data kepegawaian, edukasi kepada setiap operator SIMPEG masing-masing SKPD apabila terdapat modul/kebijakan baru SKPD.

English Abstract

The role of the Civil Service as civil servants and public servants in government organizations is very important. The importance of the role of a public servant, the necessary personnel management, especially in the management of information and employee data. Development of technology led to the birth of integrated personnel database that personnel management information system (SIMPEG). The passage of personnel management information system (SIMPEG) in Badan Kepegawaian Daerah Bondowoso since 2008 until now there are some problems, so it needs to be evaluated. This study reviews the evaluation of the implementation of personnel management information system (SIMPEG), which uses the type of resultoriented evaluation model. Model evaluation result-oriented refers to the effectiveness and impact. This research use descriptive research with a qualitative approach. Data collection techniques in this research through interviews, observation and documentation. Analysis of the data used refer to Creswell (2016), which consists of six steps include processing and preparing the data, read the entire data, analyze in more detail by coding the data, apply the coding process, linking the themes / descriptions, interpret or interpret data. This research was conducted at Badan Kepegawaian Daerah Bondowoso. The results showed the evaluation of the implementation of personnel management information system in Badan Kepegawaian Daerah Bondowoso can be explained well and meet the effectiveness and impact indicators contained in the results-oriented model. Although, there are several obstacles such as lack of internet access in remote areas but does not inhibit the main purpose, namely SIMPEG tercipatanya integrated human resources databases and accurate and provide a positive impact on employment Bondowoso Regional Employment Agency. Advice can be given is increase the availability of Internet access is not evenly distributed in most remote areas so that access to SIMPEG reachable by all regions in the regency. In addition, regular training to employees and operators of each SKPD about SIMPEG. Training is needed to educate the importance of updating the data in the employment, education to every operator SIMPEG each SKPD if there is a module / new policy SKPD

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/476/051807113
Uncontrolled Keywords: Pegawai Negeri Sipil, Evaluasi Kebijakan, Electronic Government, SIMPEG.- Civil Servants, Policy Evaluation, Electronic Government, SIMPEG.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.403 Decision making and information management > 658.403 8 Information management > 658.403 801 1 Systems
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162652
Text
Riza Rahmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item