Analisis Perbandingan Return On Invesment (ROI), Earning Per Share (EPS), dan Abnormal Return Perusahaan Sebelum dan Sesudah Akuisisi (Studi pada Perusahaan di Bursa Efek Indonesia yang melakukan Akuisisi pada Tahun 2013)

Simarmata, Depiana (2018) Analisis Perbandingan Return On Invesment (ROI), Earning Per Share (EPS), dan Abnormal Return Perusahaan Sebelum dan Sesudah Akuisisi (Studi pada Perusahaan di Bursa Efek Indonesia yang melakukan Akuisisi pada Tahun 2013). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akuisisi merupakan strategi yang cukup populer dilakukan oleh perusahaan. Penilaian akuisisi dapat dilakukan dengan menganalisis laporan keuangan menggunakan Return On Invesment (ROI), Earning Per Share (EPS). Penilaian akuisisi juga dapat dinilai dari harga saham yang dapat dihitung dengan abnormal return. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan Return On Invesment (ROI), Earning Per Share (EPS), dan Abnormal Return Perusahaan Sebelum dan Sesudah Akuisisi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi peristiwa (event Study) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel penelitian adalah ROI, EPS dan abnormal return. Sampel dalam penelitian ini adalah tujuh perusahaan yang dipilih berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang terdiri dari annual report, laporan keuangan tahunan dan harga saham harian. Pengambilan data dilakukan di Bursa Efek Indonesia. Hasil analisis terhadap ROI menunjukkan nilai mean ROI sebelum akuisisi lebih besar dari mean ROI setelah akuisisi, dan secara statistik dengan menggunakan uji paired sample t test menunjukkan perbedaan ROI yang tidak signifikan. Hasil analisis pada EPS menunjukkan nilai EPS sebelum akuisisi lebih besar dari mean EPS setelah akuisisi, namun hasil uji statistik dengan menggunakan uji paired sample t test menunjukkan perbedaan EPS yang signifikan. Hasil uji menunjukkan bahwa mean abnormal return sebelum lebih besar daripada mean abnormal return sesudah akuisisi, namun secara statistik dengan menggunakan uji paired sample t test menunjukkan perbedaan abnormal return yang signifikan.

English Abstract

Acquisition are a popular strategy of growth for firm. Acquisition valuation can do with financial statement analysis. Return On Invesment (ROI), Earning Per Share (EPS) are ratio to compute financial statetment analysis. Acquisition can be valuate from stock price too, with computing abnormal return arround the announcement of Acquisition. This study investigate the differences of ROI, EPS, and abnormal return bidder firm pre and post Acquisition. The design in this research is event study. Seven sample chooose by some criteria. The variables are ROI,EPS and abnormal return. This study using secondary data, which are annual report, financial statetment, and daily stock price. This study was conducted in the Indonesian Stock Exchange. The result regarding the ROI show that mean post Acquisition decreasing, and the statistic test using paired sample t test show the difference is not significant. The result regarding the EPS show that mean post Acquisition decreasing, but the statistic test using paired sample t test show the difference is significant. The result regarding the abnormal return show that mean post Acquisition decreasing, but the statistic test using paired sample t test show the difference is significant.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/681/051808736
Uncontrolled Keywords: Return On Invesment (ROI), Earning Per Share (EPS), Abnormal Return Perusahaan, Akuisisi
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.8 Combinations > 338.83 Mergers
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 29 May 2019 01:58
Last Modified: 25 Oct 2021 06:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162605
[thumbnail of Depiana Simarmata.pdf]
Preview
Text
Depiana Simarmata.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item