BKG

Hanggara, Andhika Deby (2018) Efektivitas Sistem e-Registration, e-SPT dan e-Filing dalam Upaya Peningkatan Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Indonesia telah melakukan modernisasi sitem perpajakan. Penerapan sistem pendaftaran NPWP dengan e-Registration dan pelaporan SPT dengan e-SPT/eFiling telah berjalan. Penerapan diharapkan dapat meningkatkan pertambahan wajib pajak dan meningkatkan tingkat pelaporan pajak sehingga diterima peningkatan penerimaan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Efektivitas Sistem eRegistration, e-SPT dan e-Filing dalam upaya peningkatan penerimaan pajak di KPP Pratama Malang Utara (2) hambatan dalam upaya peningkatan penerimaan pajak menggunakan Sistem e-Registration, e-SPT dan e-Filing di KPP Pratama Malang Utara. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini adalah Sistem e-Registration, e-SPT dan e-Filing berhasil menaikkan pendaftaran NPWP oleh wajib pajak orang Pribadi dan pelaporan SPT oleh wajib pajak orang pribadi. Walaupun Sistem e-Registration, eSPT dan e-Filing sudah berhasil meningkatkan jumlah wajib pajak orang pribadi dan pelaporan SPT orang pribadi tetapi penerimaan pajak dari orang pribadi masih mengalamai fluktuasi. Hal ini menggambarkan bahwa ada praduga Sistem eRegistration, e-SPT dan e-Filing tidak terkatit dengan penerimaan pajak tetapi ada faktor lain yang mungkin berasal dari Pengaruh Inflasi, Pemeriksaan Pajak Dan Jumlah Wajib Pajak. Hambatan dari sistem e-Registration yang ditermui oleh petugas KPP Pratama Malang Utara berasal dari faktor Teknologi ysitu belum adanya pemberitahuan tentang kasus permohonan pemindahan dan pengukuhan PKP. Hambatan lain terkadang adanya jaringan internet yang melambat. Upaya yang dilakukan petugas KPP Pratama Malang Utara adalah dengan menulis daftar manual permohonan pemindahan dan pengukuhan PKP yang tidak muncul pemberitahuan. Hambatan dari sistem e-SPT/e-Filing yang ditemui oleh petugas KPP Pratama Malang Utara berasal dari faktor Sumber Daya Manusia yaitu kurangnya pengetahuan wajib pajak dan dari faktor Teknologi yaitu server yang melambat ketika masa-masa akhir pelaporan. Upaya yang dilakukan petugas KPP Pratama Malang Utara adalah dengan melakukan sosialisasi, membuka layanan konsultasi dan membuat ruangan khusus untuk pelaporan SPT dengan sistem eSPT/e-Filing.

English Abstract

Indonesia has been done the modernization of taxation system. The system of registration an NPWP with e-Registration and reporting system of Tax Return with e-SPT/e-Filing has been run. The system expected to improve taxpayer and increase level of tax reporting so will be raising the tax revenue. This study aims to find out: (1) The effectiveness of e-Registration System, e-SPT and e-Filing in effort to improve the tax revenue at KPP Pratama Malang Utara (2) obstacles in effort of improve the tax revenue use e-Registration, e-SPT and e-filing System at KPP Pratama Malang Utara. The type of research in this study is qualitative research with a study approach case. The result of this research is e-Registration System, e-SPT and e-Filing successfully increase registration of NPWP by individual taxpayer and SPT reporting by individual taxpayer. Although e-Registration, e-SPT and e-Filing systems have succeeded in increasing the number of individual taxpayers and the reporting of private tax returns, but tax receipts from private individuals are still experiencing fluctuations. This illustrates that there is a presumption of eRegistration System, e-SPT and e-Filing not related to tax revenue but there are other factors that may come from Influence Inflation, Tax Inspection and Taxpayer Number. Obstacles of the e-Registration system which is received by KPP Pratama Malang Utara officers is from the technological factor that there is no notification about the case of the request for the transfer and confirmation of the PFM. Another obstacle is the occurrence of a slow Internet network. Efforts made by officers KPP Pratama Malang Utara is to write a list of manuals for the application of transfer and confirmation of PKP that did not appear notice. The obstacles of e-SPT / efiling system encountered by KPP Pratama Malang Utara officers come from human resources factor that is lack of knowledge of taxpayer and from technology factor that is server which slows down during the final reporting period. Efforts made by officers KPP Pratama Malang North is to socialize, open consulting services and create a special room for reporting SPT with e-SPT / e-Filing system.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/736/051809011
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, e-Registration, e-SPT, e-Filing, Penerimaan Pajak, KPP Pratama Malang Utara-Effectiveness, e-Registration, e-SPT, e-Filing, Tax Revenue, KPP Pratama Malang Utara
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.24 Income taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162481
Text
Andhika Deby Hanggara.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item