BKG

Septami, Indah Dwi (2018) Pemodelan Pemilihan Moda Angkutan Umum di Kota Mataram. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Pada masa sekarang ini angkutan umum lebih cenderung ditinggalkan oleh masyarakat, hal ini tidak terlepas dari minimnya tingkat pelayanan yang diberikan oleh operator angkutan umum kepada masyarakat sebagai pengguna jasa angkutan umum. Jumlah penumpang angkutan umum mengalami penurunan yang disebabkan pergeseran pengguna moda angkutan umum ke moda pribadi (mobil dan motor). Sehingga dalam penelitian ini dilakukan kajian identifikasi pemodelan pemilihan moda angkutan umum terhadap pengguna moda pribadi mobil dan motor di Kota Mataram. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel yang mempengaruhi pelaku perjalanan dan perjalanan pengguna moda mobil dan motor, serta pemodelan pemilihan moda angkutan umum dengan menggunakan kendaraan eksisting (motor dan mobil). Analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis multinominal logit untuk mengetahui model pemilihan moda angkutan umum dengan moda eksisting (motor dan mobil). Variabel yang berpengaruh terhadap pemodelan pemilihan moda ialah jarak, jenis pergerakan, kepemilikan kendaraan, pendapatan, lama pergerakan,struktur rumah tangga, keamanan, keselamatan, waktu antara, kebijakan pajak kendaraan, kebijakan biaya pembuatan SIM dan kebijakan biaya parkir. Hasil perhitungan probabilitas pemilihan moda menunjukkan berdasarkan peningkatan pelayanan angkutan umum 10,09% pengguna kendaraan pribadi pindah menggunakan angkutan umum dan berdasarkan peningkatan pelayanan serta kebijakan transportasi 82,71% pengguna kendaraan pribadi berpindah ke angkutan umum.

English Abstract

Nowadays public transportation is more likely to be abandoned by the costumers, this is not apart from the lack of service provided by public transport operators to the costumers. The number of passengers in public transport has decreased due to the shift of public transport users to private modes (cars and motorcycles). So in this study conducted the identification study modeling the general mode of public transport selection of private car and motorcycle users in the city of Mataram. The main purpose of this research is to know the variables affecting travelers and travelers of car and motorcycles mode users, as well as modeling the selection of public transport using existing vehicles (motorcycles and cars). The analysis used is descriptive statistical analysis and multinominal logit analysis to find out the model of selecting public transport with existing mode (motorcycles and car). The result showed that factors influenced in mode selection are travel distance, travel type, ownership of vehicles, income, travel time, household structure, safety, headway, vehicle tax policy, driving license fee policy, and parking rates policy. The result of probability calculation of the mode selection shows that based on the public transport service assessment 19.75% of private vehicle users move to a public transport and based on service assessment and transportation policy 81.02% of private vehicle users move to public transport.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/685/051807437
Uncontrolled Keywords: Angkutan-Umum, Pemilihan-Moda, Probabilitas Public-Transport, Mode-Choice, Probability.
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.4 Local transportation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162442
Text
Indah Dwi Septami.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item