BKG

Sudarko, Dellavia Azzahra Permata Putri (2018) Strategi Promosi Perpustakaan Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Kegiatan Promosi perpustakaan merupakan rangkaian kegiatan yang dirancang agar masyarakat mengetahui manfaat sebuah perpustakaan melalui koleksi, fasilitas, dan produk atau layanan yang disediakan. Kegiatan promosi dapat menarik masyarakat untuk berkunjung dan menjadikan perpustakaan sebagai tempat untuk memperoleh informasi. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jombang melakukan berbagai strategi promosi perpustakaan untuk menarik pemustaka agar berkunjung dan memanfaatkan bahan pustaka dan fasilitas yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis mengenai strategi promosi perpustakaan dan faktor pendukung maupun penghambat dari strategi promosi perpustakaan yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur. Untuk memperoleh data, peneliti melakukan wawancara kepada narasumber yaitu kasi pembinaan dan layanan perpustakaan, pustakawan, staf seksi pembinaan dan layanan perpustakaan, serta para pemustaka perpustakaan Kabupaten Jombang. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dari Matthew B. Miles (2014). Dalam model analisis data kualitatif tersebut aktivitas analisis dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam praktik dilapangan terdapat program promosi perpustakaan yang sudah terlaksana dengan baik dan tidak. Strategi promosi perpustakaan yang terlaksana dengan baik yaitu pemajangan x banner, kerjasama dengan koran radar jombang dan radio suara pendidikan, sosial media perpustakaan, dan mobil perpustakaan keliling. Hal tersebut dapat berjalan dengan baik karena terdapat faktor pedukung strategi promosi perpustakaan diantaranya tersedia fasilitas yang baik dan perizinan kegiatan yang mudah. Sedangkan program promosi perpustakaan yang belum terlaksana dengan baik yaitu keterlambatan brosur, website yang tidak dapat diakses dari luar perpustakaan, perpuseru yang kurang menarik masyarakat, lomba dan pameran yang terkendala. Hal tersebut karena terdapat beberapa hambatan diantaranya dana dan partisipasi masyarakat.

English Abstract

Activities Library promotion is a series of activities designed so that people know the benefits of a library through the collection, facilities, and products or services provided. Promotional activities can attract people to visit and make the library as a place to obtain information. Library Service and Archives of Jombang Regency conducted various library promotion strategies to attract visitors to visit and utilize library materials and facilities available. The purpose of this study is to to know, describe, and analyze the strategy of library promotion and supporting factors as well as inhibiting the library promotion strategy. This research uses descriptive research type with qualitative approach. The research location is in Jombang Regency East Java Province. To obtain the data, the researchers conducted interviews to the speakers ie head of coaching and library services, librarian, coaching staff and library services, as well as the visitors of Jombang Regency Library. The data analysis used is an interactive analysis model from Matthew B. Miles (2014). In the model of qualitative data analysis activity analysis is done interactively and lasted continuously to complete. The results showed that in the field practice there is a library promotion program that has been implemented well and not. A well-executed library promotion strategy is the display of x banner, cooperation with radar jombang newspaper and educational voice radio, social media library, and mobile library car. This can work well because there are factors that support the promotion strategy of the library are available good facilities and easy licensing activities. While the library promotion program that has not been done properly is the delay of brochures, websites that can not be accessed from outside the library, the less interesting public library, race and exhibition are constrained. This is because there are several obstacles such as funds and community participation.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/605/051808344
Uncontrolled Keywords: Strategi promosi, Perpustakaan, Layanan.- Promotion Strategy, Library, Service.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 021 Realtionships of libraries, archives, information centers > 021.7 Promotion of libraries, archives, information centers
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162327
Text
Dellavia Azzahra Permata Putri Sudarko.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item