BKG

Rizyomi, Afifahlya Alif (2018) Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Barang (Studi Kasus : Pt. Trivia Nusantara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

PT. Trivia Nusantara adalah suatu usaha di bidang jasa advertising dan retail alat tulis kantor. Setelah melakukan observasi didapatkan permasalahan dalam hal pemesanan barang. Yaitu kurangnya dukungan sistem informasi menyebabkan proses pemesanan barang menjadi lebih lama dan memakan banyak biaya dalam melakukan komunikasi. Semakin berkembangnya teknologi berdampak pada semakin ketatnya persaingan bisnis, hal ini memicu PT. Trivia Nusantara untuk membangun sistem informasi pemesanan barang agar dapat menunjanng operasional perusahaan. Dikarenakan PT. Trivia Nusantara tidak memiliki tenaga ahli TI sehingga pimpinan perusahaan berencana membangun sistem informasi pemesanan barang dengan bekerja sama dengan vendor. Berdasarkan konsep SDLC (Software Development Life Cycle) hal awal yang dibutuhkan adalah sebuah analisis kebutuhan dan peracangan sistem yang terdokumentasi. Analisis dan perancangan sistem yang dilakukan menggunakan metodologi Ripple pada 4 fase awal. Pada fase genesis dan fase requirement dilakukan analisis kebutuhan. Sedangkan perancangan dilakukan pada fase analysis dan fase design. Pentingnya melakukan evaluasi kebutuhan maka pada penelitian ini evaluasi perancangan yang digunakan yaitu metode consistency analysis terbukti memiliki nilai presentase 100% konsisten dan termasuk kategori correctness sedangkan pada uji correctness yang membuktikan bahwa kebutuhan sistem dengan perancangan sistem bersifat konsisten dan benar.

English Abstract

PT. Trivia Nusantara is a business in advertising and retail of office stationery. After doing an observation, there is a problem in ordering products process. Which lack of information system support causes the ordering process of goods to be longer and takes a lot of cost in communication. Growth of technology impact on the increasingly business competition, this trigger PT. Trivia Nusantara to build an information system in order to support the company's operations. Due to PT. Trivia Nusantara also does not have an IT expert so the company's leader plans to build an information system by working with vendors. Based on the concept of SDLC (Software Development Life Cycle) the initial thing required is a documented needs analysis and design. System analysis and design performed using Ripple methodology in the initial 4 phases. Genesis phase and requirement phase used to requirements analysis. While the design in the analysis phase and design phase. The importance of evaluating the requirements, then in this study the design evaluation used consistency analysis method proved to have a 100% percentage value consistent and included the correctness category. And the correctness test proving that system requirements with system design is consistent and correct.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/557/051808401
Uncontrolled Keywords: Ripple, Consistency Analysis, Corretness
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.403 Decision making and information management > 658.403 8 Information management > 658.403 801 1 Systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162108
Text
Afifahlya Alif Rizyomi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item