BKG

Aziz, Abdul (2018) Implementasi Peraturan Bupati Nomor 54 Tahun 2012 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum (Studi Pada Tata Cara Lelang Pengelola Parkir di Tepi Jalan Umum di Dinas Perhubungan Kabupaten Sukoharjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

Salah satu bentuk otonomi daerah adalah pengelolaan keuangan keuangan daerah. Dalam UU Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dijelaskan bahwa salah satu sumber pendapatan dalam menjalankan pemerintahan adalah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Retribusi parkir di tepi jalan umum merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah di Kabupaten Sukoharjo dengan potensi pendapatan yang cukup besar. Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 54 Tahun 2012 pelaksanaan retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum dilimpahkan pengelolaannya kepada pihak ketiga melalui sistem lelang. Hal ini untuk memudahkan Dinas Perhubungan sebagai penanggung jawab retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum dalam mengelola sedikitnya 400 titik parkir yang tersebar di 12 rayon/wilayah di Kabupaten Sukoharjo. Gap yang nampak pada penelitian ini, terlihat dari Standar Operational Procedure (SOP) yaitu Peraturan Bupati Nomor 54 Tahun 2012 yang menjadi dasar pelaksanaan kebijakan lelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan mengambil fokus pada implementasi kebijakan publik. Fokus tersebut ialah Implementasi Kebijakan Lelang Pengelola Parkir di Tepi Jalan Umum oleh Dinas Perhubungan di Kabupaten Sukoharjon, meliputi; a) Komunikasi antar aktor yang terlibat dalam implementasi kebijakan lelang dan komunikasi pengelola dengan Dinas Perhubungan, b) Sumberdaya yang meliputi sumberdaya manusia, wewenang, informasi dan sarana prasarana Dinas Perhubungan dalam mengimplementasikan kebijakan, c) Disposisi atau ketersediaan Dinas Perhubungan untuk melaksanakan kebijakan, d) Struktur birokrasi Dinas Perhubungan dalam mengimplementasikan kebijakan lelang parkir sesuai dengan standard operating procedure (SOP), serta faktor pendukung dan penghambat yang dianalisa berdasarkan cerita yang disampaikan oleh informan. Data peneliti peroleh melalui wawancara dan dokumentasi lapangan. Analisis data yang digunakan ialah analis data menurut pendapat Edward III. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peraturan Bupati Nomor 54 Tahun 2012 yang menjadi dasar dan SOP pelaksanaan lelang tidak memiliki dasar hukum yang kuat. Hal ini sangat disayangkan karena kualitas sumberdaya yang dimiliki sudah berkompeten dan mampu melaksanakan kebijakan lelang dengan baik. Selain itu, penyebaran informasi lelang perlu dimaksimalkan untuk menjangkau peserta lelang yang memenuhi kriteria untuk bekerjasama dengan Dinas Perhubungan.

English Abstract

One form of regional autonomy is the management of regional finances. Based on Law Number 33 Year 2004 about the Balancing of Financial between the Central Government and Regional Government, explained that one of the financial sources to financing the regional government task is Local Own-source Revenue. Parking levies for the vehicle which parked on the side of the public road are one of the sources of regional income of Sukoharjo Regency with considerable revenue potential. Based on the Regent's Regulation Number 54 of 2012, the implementation of public road parking service levies is delegated to the third parties through an auction system. This system aim to simplify the performance of Transportation Department of Sukaharjo Regency as the person in charge of public road parking service levies in managing at least 400 parking points spread over 12 regions in Sukoharjo Regency. The gap that found in this research is the Standard Operational Procedure (SOP), namely the Regent's Regulation Number 54 of 2012 as the basic foundation for auction policy implementation. This research are using descriptive types with a qualitative approach and taking focus on implementation of public policy. The focus is on the Implementation of Auction Policy on Public Road Parking Managers by the Transportation Department in Sukoharjon Regency, includes: a) Communication between involving actors in the implementation of auction policy and managerial communication with the Transportation Department, b) Resources which are includes human resources, authority, information and infrastructure facilities of the Transportation Department in implementing policies, c) Disposition or availability of the Transportation Service to implement policies, and d) The bureaucratic structure of the Transportation Agency in implementing the parking auction policy in accordance with the standard operating procedure (SOP), as well as the supporting and inhibiting factors that were analyzed based on the stories submitted by the informants. Researcher's data obtained through interviews and field documentation. Data analysis used is a data analyst from the theory of Edward III. The results of this study indicate that the Bupati Regulation No. 54 of 2012 which is the basis and SOP for auction implementation does not have a strong legal basis. This is very unfortunate because the quality of the resources they have is competent and able to carry out the auction policy properly. In addition, dissemination of auction information needs to be maximized to reach bidders who meet the criteria for collaboration with the Transportation Agency.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/984/051811302
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Lelang Pengelolaan Parkir-Policy Implementation, Parking Management Auction
Subjects: 300 Social sciences > 354 Public administration of economy and environment > 354.7 Public administration of commerce, communications, transportation > 354.76 Transportation > 354.765 Automotive transportation
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161946
Text
Abdul Aziz.pdf

Download | Preview

Actions (login required)

View Item View Item