BKG

Nioga, Adena NiogaAdena (2018) Evaluasi Usability Aplikasi Mobile Kai Access Menggunakan Metode System Usability Scale (Sus) Dan Discovery Prototyping (Studi Kasus Pt Kai). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Indonesian Abstract

PT Kereta Api indonesia merupakan badan usaha milik indonesia yang menyediakan jasa di bidang transportasi yaitu kereta api.Seiring dengan perkembangan zaman PT KAI cukup menyadari pentingya sebuah aplikasi mobile untuk memberikan layanan secara online,dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam mengkases dan melakukan transaksi. Namun pada kenyataanya pengguna aplikasi yang disediakan oleh PT KAI yaitu aplikasi KAI Access cukup rendah berdasarkan rating dan respon dari pengguna pada PlayStore.Jika tingkat usability pada suatu aplikasi cukup rendah maka penggunanya juga rendah.Hal ini menjunjukkan bahwa nilai Usability KAI Access cukup rendah maka perlu diadakanya penelitian dengan malakukan pengujian dan perbaikan dalam aspek usability.Dalam melakukan pengukuran kualitas suatu aplikasi dapat dilakukan dengan pengukuran nilai usability.Dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik usability testing yaitu pengujian usabilty menggunakan metode kuesioner System Usability Scale(SUS) dalam mengukur tingkat kepuasan,yang diberikan setelah melakukan pengujian dengan memberikan tugas yang dikerjakan oleh responden dengan menggunakan aplikasi KAI Access dan melakukan perbaikan dengan menggunakan metode Discovery Prototyping sebagai saran untuk perbaikan yang dilakukan dengan melakukan wawancara kepada pengguna,kemudian memberikan rekomendasi dengan menggunakan prototype dan kembali melakukan pengujian kemudian membandingkannya.Dari hasil yang didapatkan dari pengujian yang dilakukan memperoleh hasil nilai usability aplikasi KAI Access sebesar 57.48% dan setelah melakukan pengujian kembali dengan menggunakan prototype dari hasil rekomendasi perbaikan mendapatkan hasil sebesar 83.03%.

English Abstract

PT Kereta Api Indonesia is a business entity owned by Indonesia transportation service provider namely train,along with the time PT KAI is quite aware of the importance of a mobile application to provide online services. with this application is expected to providing convenience in accessing and conducting transactions,but the reality application users provided by PT KAI is KAI Access application is quite low based on the rating and user response on the PlayStore. this shows that the value of Usability KAI Access is quite low it is necessary to conduct research by testing and improvement in usability aspects.In measuring the quality of an application can be done by measuring usability value.in this research was conducted using usablity technique,with usability questionnaire the name is Syestem Usablity Scale (SUS)method,it can measuring user satisfaction after doing testing by assigning tasks performed by respondents using the Access KAI application and make improvements with using Discovery Prototyping method as suggestion for improvements whic conducting by interview the users,the give recommendation with using prototype and do testing again then compare it.The result obtained from testing performed get result of usability value KAI Access aplication is 57.48% and after re-testing with using prototype from improvement recommendation suggest get result of 83,03%.

Other Language Abstract

UNSPECIFIED

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/846/051811370
Uncontrolled Keywords: usability,kuesioner Syetem Usability Scale,Discovery Prototyping. Aplikasi KAI Access
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.019 Psychological principles
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161770
Text
Adena NiogaAdena Nioga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download

Actions (login required)

View Item View Item