Perilaku Retak Pelat Beton Panel Pracetak Komposit pada Deck Slab Jembatan Jalan Raya

Rasidi, Nawir (2013) Perilaku Retak Pelat Beton Panel Pracetak Komposit pada Deck Slab Jembatan Jalan Raya. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kerusakan pada panel pelat beton pracetak pada kebanyakan struktur jembatan biasanya diawali oleh retakan. Tidak ada kesepakatan umum diantara beberapa peneliti tentang beberapa variabel yang mempengaruhi lebar retak, meskipun telah banyak uji eksperimental yang dilakukan selama beberapa dekade. Hal ini disebabkan karena para peneliti memasukkan variabel yang berbeda-beda dalam uji ekperimennya. Apabila mengambil kesimpulan parameter dari salah satu hasil pengujian tidaklah tepat karena banyaknya variabel yang terlibat dan interdependensi dari beberapa variabel. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan besar lebar retak pada pelat beton panel pracetak komposit deck slab jembatan dengan variasi tulangan akibat beban siklis dan mengetahui perilaku perambatan retak dari pelat beton panel pracetak komposit deck slab yang mengalami retak dengan analisis numeris dibandingkan dengan hasil uji eksperimental serta menjawab secara detail dan mendalam perihal pengaruh aksi komposit antara pelat beton panel pracetak dan deck slab pelat lantai kendaraan akibat beban siklis. Jenis spesimen atau benda uji utama adalah pelat beton ukuran 170 cm x 60 cm x 20 cm yang dicor bertahap yaitu setebal 6 cm kemudian 14 cm. Pelat tersebut diletakkan pada dua tumpuan dan selanjutnya dibebani di tengah bentang. Pengambilan data yang dilakukan pada benda uji pelat panel pracetak komposit berupa pengukuran beban statik dan siklis, regangan tulangan baja, lebar retak dan panjang retak. Hasil dari penelititan ini adalah usulan rumus lebar retak pelat beton panel pracetak komposit secara detail dengan memasukkan faktor modifikasi komposit dan angka tulangan dilengkapi dengan pembahasan mendalam dimana rumus usulan tersebut menghasilkan lebar retak yang lebih besar pada siklus tertentu karena soliditas antara pelat bawah dan atas tidak sama dengan pelat monolit sehingga memungkinkan adanya celah interface yang dapat mereduksi kekuatannya. Pelat beton panel pracetak komposit ini direkomendasikan untuk digunakan di lapangan karena mempunyai kelebihan antara lain : dapat diproduksi atau difabrikasi secara massal, mudah dalam pelaksanaan, lebih cepat dalam pemasangan, digunakan sebagai pengganti bekisting, relatif ringan dan mudah dalam mobilisasi, biaya relatif lebih murah, serta kualitas atau mutu beton lebih terjaga karena proses fabrikasi.

English Abstract

Cracking is greatly influenced by the bond force acting at panel precast deck slab concrete bridge structure. Inspection of crack width prediction procedures proposed by various investigators indicates that each formula contains a different set of variables. A literature review also suggests that there is no general agreement among various investigators on the relative significance of different variables affecting the crack width, despite the large number of experimental work carried out during the past few decades. This is at least partly due to the differences in the variables incorporated by different investigators in their experimental work. Taking all the parameters in to account in a single experimental program is not normally feasible due to the large number of variables involved, and the interdependency of some of the variables. The purpose of this research is to determine the crack width of composite panel precast deck slab under repeated loading with the different reinforcement ratios. The accuracy of the present experimental procedure is verified by comparing the computed width of cracks with those measured by numerical method. An analytical method is developed to determine the composite action between panel precast and deck slab structure under repeated loading. In panel precast specimens, the two-half slabs (6 cm and 14 cm deep) were connected together by shear connector. The dimensions of flexural test slab specimens used 170 cm x 60 cm x 20 cm with two support specification. These test specimens closely simulate the static loading and cyclic conditions in steel strain, crack width and crack depth where relatively large bond slips take place. The research results in detailed formulations of crack width based on a mechanical model which is developed for the composite modification factor and reinforcement ratio. Compared to the non-composite to wide range of test data are finally presented. The use of precast panels has proven to be both economical and efficient. A crucial aspect of the performance of panel precast has proven to be their detailing, especially rapid fabrication, faster and easier in construction and mobilization. Besides, the precast concrete panels also can replace the formwork as it is cheaper than wood panels and controlled manufacturing process.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/693.544/RAS/p/061311527
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 693 Construction in specific types of materials and for specific purposes > 693.5 Concrete
Divisions: S2/S3 > Doktor Teknik Sipil, Fakultas Teknik
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 14 Jul 2014 09:38
Last Modified: 19 Feb 2024 07:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161351
[thumbnail of Nawir Rasidi.pdf] Text
Nawir Rasidi.pdf

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item