Pengaruh Self Leadership Terhadap Kinerja Dosen Yang Dimediasi Oleh Motivasi Intrinsik Dan Ekstrinsik Pada Universitas Cenderawasih

Warwer, Onesimus (2012) Pengaruh Self Leadership Terhadap Kinerja Dosen Yang Dimediasi Oleh Motivasi Intrinsik Dan Ekstrinsik Pada Universitas Cenderawasih. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari pengaruh self-leadership terhadap kinerja dosen Unversitas Cenderawasih dan pengaruh motivasi intrinsik dan ekstrinsik yang memediasi pengaruh self leadership terhadap kinerja dosen Unuversitas Cenderawasih. Sampel penelitian ini sebanyak 229 dari 604 dosen dari delapan (8) Fakultas di Universitas Cenderawasih. Metode penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode survei, dokumentasi dan wawancara. Alat analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Tiga temuan utama dalam penelitian adalah pertama,self-leadership mempengaruhi kinerja dosen Universitas Cenderawasih. secara langsung,positip dan signifikan. Kedua,ada pengaruh positip dan signifikan dari self-leadership terhadap kinerja dosen Universitas Cenderawasih yang dimediasi motivasi ekstrinsik. Ketiga,tidak ada pengaruh self-leaderhip terhadap kinerja dosen Universitas secara signifikan yang dimediasi oleh motivasi intrinsik..Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disarankan (1) harus ada pelatihan self-leadership untuk semua dosen Universtas Cendetawasih untuk meningkatkan kerja mereka, (2) motivasi intrinsik dan ekstrinsik harus ditingkatkan untuk pengembangan kemempuan intelektual melalui seminar dan pelatihan di bidan ilmu mereka.

English Abstract

The purposes of this study are to examine direct and indirect effect of self-leadership on performance outcome and the effect of intrinsic and extrinsic motivation mediates the relationship between self-leadership and performance outcome of Cenderawasih University.The sample of this study is 229 out of 604 lecturers taken from 8 (eight) Faculties at Cenderawasih University. Path analysis with lisrel program 8.70 is used to analyse data to find the effect of self-leadership on performance outcome, and the effect of intrinsic and extrinsic motivation mediates the relationship between self-leadeship and performance outcome of Cenderawasih University lecturers. There are three major findings. First, self-leadership has direct, positive and significant effect on performance outcome. Second, there is significant effect of self-leadership on performance outcome mediated by extrinsic motivation.Third, there is not any significant effect of self-leadrship on performance outcome of Cenderaash University mediated by intrinsic motivation.Based on the findings, it is advisable : (1) there must be self-leadership training for all lecturers of Cenderawasih University in oder to equip them with the skill of self-leadership to increase performance outcome of their work.(2) Intrinsic and extrinsic motivation of Cenderawasih University lecturers must be encouraged and developed by intelctual development through activities like seminars and training of their field studies

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/153.8/WAR/p/061400984
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence > 153.8 Will (Volition)
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Apr 2014 12:10
Last Modified: 28 Apr 2014 12:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160674
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item