Pengaruh Kualitas Situs Web Dan Kepercayaan Terhadap Sikap Dan Kepuasan Serta Niat Perilaku Konsumen Mobile Commerce Di Indonesia

Hilal, Nur (2015) Pengaruh Kualitas Situs Web Dan Kepercayaan Terhadap Sikap Dan Kepuasan Serta Niat Perilaku Konsumen Mobile Commerce Di Indonesia. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengkaji dan menjelaskan secara empiris mengenai hubungan kualitas situs web dan kepercayaan terhadap sikap dan kepuasan serta niat perilaku pengguna mobile commerce di Indonesia. Populasi penelitian adalah masyarakat Indonesia yang pernah melakukan belanja secara online dengan menggunakan media mobile (smartphone, PDA & Tablet). Sampel diambil menggunakan metode non probanility sampling dengan teknik purposive sampling, sehingga sampel terkumpul sebanyak 160 responden. Data dikumpulkan melalui survey online dengan membagikan angket kepada responden secara online dengan bantuan situs www.google_docs.com. Analisi data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software AMOS 20.0. Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas situs web yang tercermin oleh usefulness dan enjoyment terbukti secara empiris menciptakan sikap positif pengguna, sedangkan untuk ease of use secara langsung tidak memiliki pengaruh terhadap sikap pengguna, sikap pengguna mampu menjadi mediator untuk hubungan antara kualitas situs web dan kepercayaan konsumen terhadap kepuasan serta niat perilaku konsumen mobile commerce, tetapi kepuasan konsumen tidak mampu sebagai mediator untuk hubungan sikap konsumen terhadap niat perilaku konsumen. Penelitian ini tidak memasukkan norma subjektif dan perilaku konsumen dalam model penelitian, sehingga penelitian selanjutnya perlu mengembangkan model konseptual dengan menambahkan variabel norma subyektif dan perilaku konsumen untuk mengeksplorasi temuan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/658.834 2/HIL/p/2015/061606135
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Dec 2016 11:37
Last Modified: 22 Dec 2016 11:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160641
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item